Moms, Ajarkan Tanggung Jawab Pada Anak dengan 7 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Ajarkan Tanggung Jawab Pada Anak dengan 7 Cara Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Keluarga merupakan tempat belajar pertama bagi si kecil. Semua apa yang lihat dan dengarkan akan ditiru, sehingga orang tua perlu memperlihatkan segala hal yang baik pada anak. Salah satunya tentang tanggung jawab, entah itu pada dirinya sendiri, orang lain, lingkungan dan lain sebagainya.

Bagi orang tua, mengajarkan tanggung jawab pada anak tentu bukan hal yang mudah. Namun, hal itu harus diajarkan sejak dini agar anak tumbuh menjadi pribadi yang tidak asal melakukan apapun. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda perlu melakukan beberapa cara ini. Apa saja?

Berikut ini caranya:

Beri Tugas Sesuai Usia
Untuk pembelajaran pertama,beri tugas-tugas sederhana pada anak sesuai usianya. Entah itu merapikan tempat tidur, menjaga mainannya sendiri, mencuci kaus kaki atau mencuci piring yang sudah ia gunakan setelah makan. Sesuaikan dengan kemampuan anak.

Tanggung Jawab pada Anggota Keluarga
Jika anak punya saudara, beri tugas yang sama atau setara dengan saudaranya yang lain. Pemberian tugas dan tanggung jawab harus adil sehingga anak tidak merasa timpang dan diperlakukan tidak sama.

Beri Pujian
Setelah anak melakukan tugasnya dengan baik, beri pujian untuk memberinya semangat dan merasa dihargai. Dengan begini, anak jadi tahu apa yang harus dilakukan tidak sia-sia. Pujian akan memberinya motivasi untuk melakukan hal lebih baik.

Jangan Terlalu Sering Memberinya Hadiah
Memberinya penghargaan dengan memberi hadiah memang bisa memotivasi anak. Tapi jika terbiasa, anak akan berpikir ia akan selalu mendapat hadiah jika melakukan tanggung jawab yang dipercayakan padanya. Pada akhirnya, ia tidak tulus melakukan tugas dan selalu mengharapkan pamrih.

Ajarkan Tentang Konsekuensi
Orangtua juga perlu menjelaskan tentang konsekuensi yang akan dihadapi anak jika tidak menjalankan tugas. Konsekuensi atau risiko yang jelas akan menjadi ‘ancaman' bagi anak jika melalaikan tanggung jawabnya.

Jangan Memaksa
Anak perlu pembiasaan ketika menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Jangan memaksakan kehendak apalagi marah-marah. Anak hanya mau melakukan apa yang diperintah karena ketakutan, bukan tertanam baik di dalam dirinya. Ajarkan setiap hal dengan perlahan namun tegas.

Sabar
Ini harus dimiliki setiap orangtua. Sabar mendidik anak dan membiasakan banyak hal baik padanya. Perlu waktu agar ia paham dan terbiasa menyelesaikan tugasnya.

Menjadi orangtua memang tantangan seumur hidup, dan mengajarkan anak tentang tanggung jawab pastinya menjadi tantangan yang seru. Semoga tips di atas bisa membantu, Moms. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.