Moms, Begini Cara Mudah Supaya Bayi Anda Cepat Tengkurap

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Begini Cara Mudah Supaya Bayi Anda Cepat Tengkurap
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sejak bayi, manusia belajar berbagai hal mulai dari tengkurap hingga bagaimana cara berjalan. Untuk itu sebelum bisa berjalan, bayi harus bisa tengkurap dengan cara yang tepat. Pasalnya, tengkurap dapat membentuk kepala agar tetap bulat.

Selain itu, tengkurap juga bisa memperkuat leher dan memudahkan bayi untuk membolak-balikkan kepalanya. Salah satu strategi agar bayi bisa tengkurap dengan cepat, yaitu sesuaikan pijakan yang tepat.

“Jangan cari kasur yang lembek sekali karena kalau wajah bayi menyusruk, nanti tidak bisa bernapas. Tapi kalau tempatnya agak keras sedikit busanya, itu akan lebih baik untuk pergerakan bayi,” ujar Dr. dr. Jo Edy Siswanto Sp.A (K) dari Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta.

Kemudian, orang tua turut serta membantu memiringkan tubuh bayi ketika pertama kali bayi belajar tengkurap. Teknik cepat tengkurap pada bayi, yaitu pegang tangan bayi sebelah kiri, pegang juga leher belakang sekaligus punggung dan kepalanya.

“Lalu ditengkurapkan dengan perlahan. Yang orang tua sering salah itu membalikkan tubuh bayi dengan terburu-buru. Padahal itu bisa berisiko wajah bayi terbentur dan rentan pada persendian,” tutur Dr. Jo.

Setelah dimiringkan, biarkan bayi mencari posisi yang enak baginya. Lalu, perbaiki posisi tangan kanan bayi agar tidak terlipat atau tertekuk. Idealnya, mengajarkan tengkurap pada anak bisa kapan pun. Bahkan, bisa segera dilakukan setelah bayi lahir. Lakukanlah secara bertahap, yakni ajarkan bayi telentang selama satu detik pada usia 0-1 bulan.

Baca Juga: Kapan Bayi Mulai Belajar Merangkak? Ini Tahapannya

Selanjutnya, selama tiga detik pada usia satu sampai dua bulan. Kemudian, telentang selama 5-10 detik saat bayi berusia dua sampai tiga bulan. Upayakan semaksimal mungkin hingga ketika bayi berusia enam bulan sudah bisa tengkurap sendiri tanpa dibantu orang tua.

Perlu orang tua ingat, jika tidak melatih bayi tengkurap sejak dini maka bayi akan sulit diatur atau dilatih tengkurap. Sebab, bayi sudah terbiasa telentang.

“Kalau dia lebih besar, misalnya usia dua sampai tiga bulan, bisa marah dia kalau diajarkan tengkurap,” tutupnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.