Moms, Ini Cara Ampuh Bikin Anak Anda Gemar Membaca

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Ini Cara Ampuh Bikin Anak Anda Gemar Membaca
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Buku adalah jendela dunia, satu-satunya kunci untuk mendapat ilmu dari buku itu yaitu dengan membaca. Peribahasa tersebut sangatlah benar, karena dengan membaca dapat memberikan manfaat yang begitu besar khususnya bagi seorang anak.

Apabila anak suka membaca sejak dini, maka otomatis ketika sudah memasuki bangku pendidikan yang lebih tinggi, dia tidak akan mengalami kesulitan beradaptasi dengan bahan bacaan yang banyak. Namun, bagaimana jika anak Anda lebih memilih menghabiskan waktunya untuk menjelajah internet, bermain games, atau bahkan menonton TV tanpa batas?.

Sebagai orang tua tentunya Anda akan merasa bingung menyikapi hal ini. Nah, jika Anda ingin anak lebih gemar membaca dan menjadi pintar, ikutilah trik dibawah ini:

Beri Contoh dengan Rajin Membaca
Anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Sebelum meminta anak untuk rajin membaca, Anda lebih dulu harus gemar membaca. Ajak mereka membaca setiap hari, walaupun hanya satu jam setiap harinya. Dengan cara ini, anak akan menganggap membaca adalah kegiatan yang penting dan harus dilakukan.

Ciptakan Tempat yang Nyaman
Memilih tempat yang nyaman untuk membaca merupakan bagian hal penting. Misalnya kursi yang empuk, atau sofa dengan bantal empuk.

Biarkan Anak Memilih Buku yang Akan Dibaca
Hal ini akan membantu Anda untuk tetap membuat anak tertarik pada buku bacaan sekaligus membuat mereka merasa berguna. Mengunjungi perpustakaan secara rutin akan membantu proses pemilihan buku yang dibaca menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Bicarakan Tentang Sampul Buku
Anak biasanya akan memilih buku dengan desain sampul yang menarik dan lucu. Ajak mereka untuk menebak isi buku dari penampilan sampulnya. Siapa saja tokoh ceritanya, atau siapa yang menjadi penjahatnya.

Sering Menonton Film Asing
Cobalah untuk memposisikan Anda sebagai sang tokoh yang membacakan dongeng dengan mengubah intonasi suara yang berbeda untuk setiap karakternya. Sesekali lakukan hal ini untuk menambah ketertarikan anak saat . Pastikan Anda tidak membacanya terlalu cepat agar mereka bisa memahami isi cerita Anda.

Tunjukkan Gambar-gambar Menarik Ketika Membacakan Buku Cerita
Gambar tidak hanya membuat anak lebih terpaku pada isi buku, tetapi juga membantu mereka untuk lebih memahami perilaku tokoh-tokohnya, dan jalan ceritanya.

Ceritakan Kembali Pesan Moral dalam Cerita
Setelah selesai membaca buku, beri penekanan pada kata-kata penting yang bisa bermanfaat untuk mereka.

Cobalah Menghubungkan Kisah di dalam Buku
Dengan realita dalam kehidupan Anda dan anak. Berikan contoh bagaimana anak harus bertindak ketika menghadapi sesuatu, berdasarkan apa yang dilakukan tokoh dalam cerita.

Pancing Sifat Kritis Anak terhadap Buku
Caranya, berikan beberapa pertanyaan seperti, “Cerita mana yang kamu suka?”, atau, “Cerita mana yang tidak kamu suka?”, atau “Apa yang kamu pelajari dari cerita ini?”.

Berikan Variasi pada Aneka Bacaan yang Anda Pilih
Agar anak tidak bosan saat mendengarkan Anda bercerita maka berikan variasi terhadap bacaan yang Anda pilih untuk membuat si kecil tidak merasa bosan.

Moms, itulah beberapa trik untuk bisa membuat anak Anda gemar membaca. Semoga dengan trik tersebut anak-anak Anda bisa gemar membaca sejak dini ya. (kompas.com/Qory)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.