Moms, Ini 4 Cara Cerdas yang Bisa Anda Lakukan Agar Si Kecil Tak Mimpi Buruk

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini 4 Cara Cerdas yang Bisa Anda Lakukan Agar Si Kecil Tak Mimpi Buruk
ilustrasi

PortalMadura.Com – bagi si kecil merupakan hal yang menakutkan dan biasanya tidak bisa tidur kembali setelah mengalami hal itu. Sebagai seorang ibu, tentunya akan menenangkan agar anak tidak cemas dan bisa kembali tidur nyenyak.

Ternyata mimpi buruk muncul sebagai alat untuk bertahan hidup di mana otak akan bekerja untuk menyelesaikan berbagai jenis masalah atau skenario. Oleh karena itu ciptakan suasana yang nyaman saat anak akan tidur agar tidak mimpi buruk.

Kenyamanan seperti apa?. Ini dia daftarnya:

Buat Jadwal Tidur yang Konsisten
Pastikan anak selalu mendapat waktu tidur yang cukup setiap malam, sekitar 8-10 jam. Salah satu caranya adalah dengan membuat jadwal tidur yang konsisten. Dengan rutinitas ini, anak setidaknya bisa mengondisikan tubuhnya untuk bisa mendapatkan ketenangan dan kenyamanan dalam tidurnya.

Ucapkan Kata-Kata Positif
“Di sini kamu aman, Nak.”
“Nggak ada monster atau hantu yang mengejar-ngejarmu.”
“Ibu tahu kamu takut. Tapi coba tarik napas perlahan, lalu hembuskan. Sekarang sudah tenang, kan?”

Kata-kata positif yang Anda ucapkan bisa membuat anak merasa tenang nantinya dalam tidurnya. Biasanya anak mengalami mimpi buruk karena berbagai hal buruk atau negatif yang ia dengar dari orang-orang di sekelilingnya. Kata-kata positif yang Anda ucapkan bisa membuat kondisi emosi dan mental anak jadi lebih kuat nantinya.

Izinkan Anak Bercerita dan Mencurahkan Isi Hatinya
Dorong anak untuk mengungkapkan isi hatinya. Bantu ia meluapkan semua beban dan tekanan yang ia rasakan dari mimpi buruk yang pernah ia alaminya. Ketika anak tahu bahwa ada Anda sebagai orang tuanya yang bisa membuatnya merasa nyaman, tidurnya nantinya bisa jauh lebih nyenyak.

Bacakan Cerita yang Menyenangkan
Saat membacakan cerita atau mendongeng, pilih kisah-kisah yang menyenangkan. Hindari cerita yang terlalu menyeramkan atau membuat anak jadi ketakutan dalam tidurnya. Anak yang dibacakan kisah-kisah yang menyenangkan, nantinya akan lebih mudah tidur nyenyak dan lebih tenang.

Anak yang sering mimpi buruk, kualitas tidurnya bisa terganggu. Saatnya untuk lebih memperhatikan kondisi buah hati kita, ya ladies. Jangan sampai si kecil terus dihantui mimpi buruk yang membuat hari-harinya jadi tidak tenang. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.