Moms, Ini 5 Trik Cerdas Lindungi Si Kecil dari Penyakit di Musim Hujan

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini 5 Trik Cerdas Lindungi Si Kecil dari Penyakit di Musim Hujan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selama seperti sekarang ini tentu tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya sakit. Pasalnya, beberapa jenis penyakit di musim hujan seperti flu, leptospirosis, dan demam berdarah termasuk rentan terkena anak-anak bila mereka tidak mendapatkan perlindungan ekstra.

Maka dari itu, orang tua perlu mengetahui tips melindungi si kecil agar bisa terhindar dari penyakit musim hujan. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut lima cara melindungi anak dari penyakit di musim hujan:

Vaksin Flu
Salah satu cara terbaik untuk menangkal flu adalah dengan vaksin. Pastikan, anak sudah menerima vaksin influenza. Di Filipina dan di negara-negara tropis lainnya, flu dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun. Namun, flu makin merajalela saat musim hujan tiba.

Jaga Anak Tetap Kering
Virus dan bakteri berkembang dalam cuaca basah. Sebaiknya, Anda menjaga agar anak-anak tetap kering selama musim hujan.

Selain itu, Anda bisa melengkapi kebutuhan anak dengan perlengkapan hujan, seperti jas hujan dan payung di tas mereka saat berangkat sekolah. Jika anak basah kuyup, segera keringkan tubuh anak dengan handuk.

Jaga Lingkungan Tetap Bersih
Nyamuk yang membawa virus dengue (demam berdarah) aktif di malam hari. Pastikan menutupi wadah air yang ada di rumah karena air yang tidak mengalir bisa mengundang nyamuk pembawa demam berdarah.

Ajari Anak Mencuci Tangan dengan Benar
Mencuci tangan termasuk perlindungan dasar terhadap flu. Luangkan waktu untuk mengajari anak cara mencuci tangan dengan benar. Minimal cuci tangan dilakukan 20 detik. Agar tidak membosankan, Anda bisa membuat suasana menyenangkan dengan menyanyi bersama anak saat mengajari cuci tangan.

Sajikan Makanan Sehat
Sistem kekebalan yang kuat bisa melawan penyakit. Tingkatkan kekebalan anak-anak dengan memberi makanan yang tepat. Sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin serta mineral bisa melindungi anak-anak dari penyakit. Kuncinya adalah menyajikan makanan secara kreatif sehingga anak akan menikmati tiap gigitan makanan. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.