Moms, Ini 6 Tips Efektif Ajarkan Anak Kelola Keuangan Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini 6 Tips Efektif Ajarkan Anak Kelola Keuangan Sejak Dini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai orang tua yang baik, Anda perlu untuk mendidik anak mengenai tata cara mengelola keuangan sejak dini. Sebab, kemampuan ini memerlukan kedisiplinan dan ketelitian yang harus dibangun sejak lama.

Hal ini sangat bermanfaat bagi anak Anda, karena dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab anak dalam mengelola serta menggunakan uang yang ia dapatkan.

Tentu saja Anda tidak mengharapkan mempunyai seorang anak yang suka menghambur-hamburkan uang, bukan?. Dengan mengajarkan kebiasaan ini sejak dini, anak diharapkan dapat terhindar dari sikap negatif itu. Selain itu, anak juga dapat memiliki sikap lebih menghargai uang.

Berikut 6 cara yang dapat dilakukan orang tua untuk melatih anak dalam mengelola keuangan:

Beri Uang Sebagai Tanggung Jawab
Memberikan uang kepada anak merupakan salah satu cara untuk anak mengenal tentang uang dan bagaimana menggunakannya. Anak akan mengerti bahwa setiap orang memiliki jumlah uang yang berbeda sesuai kemampuanya. Hal itu akan membuat anak mensyukuri uang yang ia miliki.

Ajarkan Menabung
Fungsi uang sebagai alat transaksi yang sah perlu disadari oleh anak, bahwa mereka harus memiliki simpanan uang yang bisa mereka gunakan di suatu hati nanti.

Ketika uang yang mereka miliki habis, anak akan menyadari bahwa menyisihkan separuh uang sangat penting. Dengan menabung anak terhindar dari sifat boros

Ajarkan Berbagi
Berbagi adalah cara yang dapat diajarkan kepada anak sebagai ungkapan syukur atas rezeki yang mereka miliki. Berbagi membuat anak berpikir ada hak orang lain yang perlu ia bagi di dalam jatah uangnya. Berbagi dapat mengasah rasa kasih sayang anak dan menghindarkan anak dari sifat egois dan pelit.

Mencatat Segala Transaksi yang Dilakukan Anak
Berikan kebebasan kepada anak untuk menggunakan uang sakunya dengan syarat ia harus mencatat segala pengeluarannya. Selain mendidik anak untuk disiplin, mencatat juga sebuah kegiatan sederhana yang melatih anak lebih teliti, terorganisir, jujur dengan dirinya sendiri.

Ajak Anak Ikut Campur dengan Keuangan Keluarga
Libatkan anak dalam pengelolaan keuangan keluarga. Hal ini menggiring anak bahwa pendapatnya dilibatkan dalam keluarga. Seperti pendapat tentang membeli sofa baru.

Tidak Boleh Berhutang
Biasakan anak bijak menggunakan uangnya, bila ada keperluan mendesak anak boleh menggunakan uang tabungannya, namun tidak untuk berhutang.

Orang tua harus membantu anak untuk menentukan kebutuhan yang layak diperhitungkan ataupun membuang kebutuhan yang tidak penting. Ajarkan anak bahwa berhutang akan menjadi kebiasaan buruk dan berikan tips untuk menghindarinya. (cnnindonesia/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.