Moms, Ini Pelajaran Etika yang Harus Diajarkan pada Anak

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini Pelajaran Etika yang Harus Diajarkan pada Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Etika merupakan modal penting dalam bergaul dan bersosialisasi dengan lingkungan. Apabila memiliki etika yang baik tentunya akan berpengaruh pula pada sikap orang lain. Dengan kata lain, cara Anda bersikap menentukan sikap orang lain pada Anda.

Mengetahui etika yang baik dan benar perlu di ajarkan pada anak sejak dini. Karena, apabila si kecil sudah beranjak dewasa maka ia akan mulai terbiasa dengan sopan santun yang diajarkannya itu.

Berbeda dengan anak yang tidak pernah diajarkan etika, biasanya ia akan cenderung acuh tak acuh pada lingkungan sekitar. Padahal, sekelilingnya itu mempersoalkan atau membicarakan kelakuannya yang kurang baik.

Misalnya, ada seseorang yang bersin, batuk dan meludah di tempat umum dan ia merasa itu bukan masalah, atau orang yang sendawa di depan banyak orang padahal baru dikenalnya. Kesan sikap tidak sopan pastinya langsung muncul, sementara mereka beranggapan itu bukan masalah besar. Hal ini salah satunya karena mereka tidak mengerti atau tidak pernah diajarkan serta diberitahu etika pergaulan dalam kesehariannya.

Jadi, pengenalan etika harus dimulai sejak kecil, bahkan saat anak masih balita. Menurut salah satu pengajar etika, Myka Meier, bahkan mengungkap kalau anak mulai bisa diajarkan etika ketika sudah bisa berbicara.

“Mulai bisa mengajarkan kata ‘tolong’, ‘terimakasih’, ‘permisi’ atau ‘maaf’. Misalnya saat anak ingin mengambil kue favoritnya tapi tidak bisa, contohkan kalimat minta tolong dan minta ia menirunya. Setelah Anda ambilkan, contohkan ucapan ‘terima kasih’,” ujar Meier.

Kalimat-kalimat tersebut harus dicontohkan dan diulang. Kebiasaan sehari-hari jadi hal penting agar anak mengerti mengkondisikan dirinya dalam etika sehari-hari. Meier juga membuat daftar etika yang wajib diajarkan pada anak-anak. Berikut daftarnya:

– Kata ‘tolong’, ‘terimakasih’, ‘permisi’ atau ‘maaf’ harus diajarkan sejak balita
– Jangan menginterupsi pembicaraan orang lain tanpa diminta. Harus menunggu jika orang lain sedang bicara, baru bisa bicara
– Memberi pujian kepada orang lain
– Jangan membuat komentar terkait penampilan orang, kecuali komentar yang dikeluarkan bersifat positif atau pujian
– Ajarkan anak memperkenalkan dirinya dengan benar, baik nama, usia, atau sekolah
– Selalu mengetuk pintu sebelum masuk
– Tutup mulut saat bersin dan batuk.
– Jangan pernah meludah di tempat umum
– Menelepon dan menjawab telepon dengan sopan
– Membuat kontak mata saat sedang diajak bicara orang lain. (dream.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.