Moms, Ini Tips Ajarkan Anak Manfaatkan Angpao Lebaran dengan Benar

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini Tips Ajarkan Anak Manfaatkan Angpao Lebaran dengan Benar
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Lebaran sudah sebentar lagi, banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut Lebaran. Salah satunya menyiapkan angpao atau uang salam tempel untuk anak-anak yang akan bersilaturahmi. Apalagi saat ini tradisi tersebut sudah lumrah dilakukan.

Bagi-bagi angpao menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Dengan mendapatkannya, seorang anak biasanya akan merasa senang dan bergembira. Nah, agar uang yang didapat itu tidak digunakan percuma ada baiknya Anda mengajarkan bagaimana cara mengatur keuangan pada anak.

CFP Financial Planner, Mitra Rencana Edukasi, Sari Insaniwati menyarankan membiasakan anak memiliki rencana akan digunakan untuk apa uang tersebut. Semisal 50 persen di tabung dan 50 persen dibelanjakan sesuai keinginan.

“Biasakan mereka menabung dari uang sakunya dulu, jadi tidak akan terlalu sulit jika diminta untuk berhemat dan menabung saat mendapat uang lebaran,” ujar Sari.

Sari menambahkan berikan tanggung jawab pada anak-anak untuk mengelola uangnya sendiri. Seperti biarkan mereka mempunyai tabungan sendiri.

“Sekarang kan banyak tabungan junior untuk anak di bawah usia 12 tahun. Semakin besar coba untuk belajar investasi rutin di produk lain yang bisa dengan nominal kecil,” tutupnya.

Saat anak terbiasa mengatur keuangannya sejak dini, akan lebih mudah nantinya ia untuk lebih bijak dalam menggunakan uang yang ia miliki. Yuk, moms bantu si kecil untuk bisa lebih mandiri dan bertanggung jawab dengan semua yang dimilikinya. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.