Moms, Jangan Paksa Anak Tidur Tepat Jam 9

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Jangan Paksa Anak Tidur Tepat Jam 9
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, seorang anak disarankan orang tua untuk tidur jam 9 malam. Karena, mereka beranggapan bahwa anak membutuhkan waktu tidur lebih banyak daripada orang dewasa.

Sayangnya, tidak semua anak menuruti keinginan orang tuanya. Ada sebagian dari mereka yang masih mangkel dan tidak mau tidur seperti yang sudah dijadwalkannya itu karena alasan tertentu.

Nah, Anda sebagai orang tua tidak perlu memaksa anak. Sebab, seperti yang disimpulkan FiveThirtyEight dalam artikel seri Science Question From a Toddler di The Science of Us, mengakui bahwa waktu tidur lebih merupakan konstruksi sosial dibanding hal lainnya dengan anak.

Tidur anak memang lebih banyak dari orang dewasa, tapi ada banyak variabilitas juga dalam hal ini yang memungkinkan anak tidak tidur tepat jam 9. Hal ini dibenarkan Oskar Jenni, peneliti Child Development Center di University Children’s Hospital, Zurich.

Bisa jadi tingkat energi anak sangat tinggi, sehingga ia butuh menghabiskan energinya untuk beraktivitas hingga benar-benar lelah, baru bisa pergi tidur. Jika pada hari itu, anak tidak banyak beraktivitas, tidak heran jika kemudian ia sulit tidur malam harinya. Tidak masalah Moms, temani ia bermain atau biarkan saja ia melakukan sesuatu hingga lelah, baru temani tidur.

Jangan memaksakan kehendak ketika anak memang belum bisa tidur. Yang terjadi, anak justru merasa tertekan dan trauma, dan hubungan Anda dengan anak jadi tidak baik lagi. Anda tentu tidak mau kan jika terjadi hal ini, Moms?. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.