Moms, Jelaskan Pada Anak Anda Secara Sederhana Mengapa Harus Salat 5 Waktu dalam Sehari Semalam

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Jelaskan Pada Anak Anda Secara Sederhana Mengapa Harus Salat 5 Waktu dalam Sehari Semalam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Orang tua harus memberi pemahaman agama pada sejak kecil. Banyak cara yang bisa dilakukan namun juga harus sesuai usia, pemikiran dan logika mereka. Salah satunya tentang . Anak-anak tentu saja sering kritis bertanya, mengapa harus salat 5 waktu dalam sehari semalam?

Sebagai orang tua bisa menjawab bahwa itu adalah perintah Allah pada setiap muslim. Salat tentu saja merupakan kewajiban setiap muslim yang tidak bisa ditawar-tawar, tidak boleh meninggalkan salat kecuali jika seseorang sudah meninggal dunia atau meninggalkan Islam (kafir).

Akan tetapi jawaban seperti ini bisa jadi tidak memuaskan logika anak-anak. Lalu bagaimana cara menjawab yang lebih pas untuk anak-anak?.

Pertama, Anda bisa membandingkan salat dengan makan. Bukankah manusia makan 3x sehari supaya sehat? Makan adalah kebutuhan badan kita, nah, kalau salat itu adalah kebutuhan ruh kita. Seseorang yang meninggalkan shalat, ruhnya akan lemas dan bisa mati sebagaimana manusia yang tidak makan akan bisa mati.

Dengan mengibaratkan salat sebagai kebutuhan sebagaimana makan, anak-anak akan lebih memahami, karena mereka tahu benar rasanya lapar kalau tidak makan. Kita bisa tambahkan penjelasan bahwa ruh yang kelaparan biasanya bisa terlihat dari sifat kurang sabar, mudah berkata kasar, mudah berbuat kejahatan. Sedangkan ruh yang ‘kenyang' karena rutin salat dengan benar akan terjauh dari sifat-sifat buruk tersebut.

Kedua, Anda bisa mengingatkan anak-anak tentang nikmat yang mereka terima. “Adek bisa makan setiap hari, punya rumah untuk berteduh, punya umi dan abi, punya badan yang sehat, dan juga (sebutkan nikmat-nikmat lainnya) itu semua adalah dari Allah. Nah, Allah tidak minta bayaran apapun untuk semua nikmat tersebut, tapi, Allah ingin kita dekat dengan Allah, yakni dengan menjalankan salat 5 waktu setiap harinya.

Mudah kan?” Dengan mengingatkan mereka akan semua nikmat pemberian Allah yang mereka rasakan selama ini, mudah-mudahan anak akan lebih mengerti urgensi salat 5 waktu tanpa mengeluh.

Demikian beberapa hal yang bisa kita sampaikan pada anak-anak mengenai kewajiban salat 5 waktu sehari semalam. (ummi-online.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.