Moms, Lakukan 5 Cara Cerdas Ini Agar Si Kecil Doyan Makan Buah dan Sayur

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Lakukan 5 Cara Cerdas Ini Agar Si Kecil Doyan Makan Buah dan Sayur
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian besar kecil biasanya tidak suka . Padahal sebagai orang tua khususnya ibu pasti ingin si kecil mendapat asupan nutrisi yang seimbang dan hal itu diperoleh salah satunya dengan mengonsumsi buah dan sayur.

Jika si kecil tidak mau langsung mengonsumsinya, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai bentuk menu. Seperti jus, kue, salad buah dan lain sebagainya. Namun si kecil masih tetap menolak mengonsumsi buah dan sayur? Lakukan beberapa cara ini agar anak mau makan buah dan sayur. Penasaran?

Ini penjelasannya:

Kenalkan Berulang-ulang
Kalau kali ini anak menolak maka sayur bayam, jangan putus asa, Bun. Ayo coba lagi, meski berkali-kali.

“Cara pengenalan makanan ke anak-anak pada dasarnya harus berulang-ulang, tetapi tetap menyenangkan. Nah, waktu libur sekolah seperti sekarang ini adalah waktu yang sesuai untuk mulai belajar,” kata Rachel Olsen, ahli gizi dari YOUVIT, Rachel Olsen, dalam keterangannya.

dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, bilang sering kali orang tua merasa anak tidak suka makanan tertentu karena anak menolak makanan tersebut. Padahal seharusnya Anda perlu menawarkan 15-20 kali dulu makanan tersebut pada anak.

Nah, kalau sesudahnya sudah menolak, maka baru bisa disimpulkan bahwa anak tidak menyukai makanan tersebut.

Ajarkan Warna yang Sama Rasanya Tidak Sama
Kadang anak tidak suka makan kangkung hanya karena warnanya sama dengan warna bayam. Padahal warna yang sama, rasanya belum tentu sama. Hal ini perlu Anda bicarakan pada anak, Bun.

Jadi, misalnya saat anak tidak menyukai rasa brokoli berwarna hijau, orang tua masih bisa mengenalkan sayuran berwarna hijau lainnya. “Anak biasanya mengasosiakan warna dengan rasa. Di sini pentingnya peran orang tua untuk mengajarkan tentang keberagaman warna dan rasa pada makanan yang diberikan ke anak-anak,” sambung Rachel.

Kreasikan Agar Menarik
Agar anak semangat makan sayur dan buah, sebaiknya tampilannya juga dibikin menarik, Bun. Rachel mencontohkan dengan membuat karakter kartun dari tomat dan timun.

“Hal ini akan menstimulasi rasa penasaran anak untuk mencoba makanan itu,” tambah Rachel.

Berikan dalam Porsi Kecil
Bun, cobalah menyodorkan buah dan sayur dalam porsi kecil. Dengan begitu anak tidak akan takut duluan karena harus menghabiskan seporsi besar makanan yang tidak disukainya.

Orang Tua Memberi Contoh
Jangan cuma menyuruh anak makan buah dan sayur, tapi Anda sebagai orang tua tidak memberikan contoh yang baik.

“Kalau ingin anak makan sayur atau buah, orang tuanya juga harus dong. Children see children do. Banyak kejadian orang tua ngomel-ngomel anak tidak mau makan buah, setelah ditanya, ternyata ibu bapaknya pun tidak suka buah,” papar dr Meta.

Lalu perlukah multivitamin buat anak? Rachel bilang multivitamin dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral anak. Tapi ingat, takarannya harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh anak. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.