Moms, Lakukan Tips Mencuci Daging Ayam yang Bebas Bakteri

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Lakukan Tips Mencuci Daging Ayam yang Bebas Bakteri
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan salah satu bahan masakan yang paling mudah ditemui dan diolah. Yup, ayam bisa menjadi berbagai masakan lezat yang sangat menggugah selera.

Karena itulah sebelum memasaknya, daging ayam harus benar-benar dibersihkan dengan baik.

Daging ayam mengandung protein yang tinggi dan banyak vitamin, dari mulai vitamin A, vitamin B3, vitamin B5, sampai vitamin B6. Tapi dalam keadaan masih mentah, daging ayam juga mengandung banyak bakteri, seperti Salmonella, E. Coli, Enterokokus, dan Campylobacter.

Bakteri-bakteri yang ada pada daging ayam tersebut bisa dengan mudah menyebar dan menyusup masuk ke dalam tubuh kita, jika kita tidak benar saat mencuci dan mengolah daging ayam.

Itu sebabnya, kita harus tahu tips mencuci dan memasak daging ayam yang benar, jika tidak mau tubuh dirusak oleh bakteri-bakteri tersebut.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan

Sebenarnya daging ayam tidak perlu dicuci dengan air karena semua bakteri akan mati saat proses memasak. Namun beberapa orang merasa ayam belum bersih jika belum dicuci.

Jika demikian, sebaiknya rendam dulu daging ayam dengan air hangat selama 10-15 menit, baru kemudian membilasnya dengan air mengalir.

Kalau belum mau langsung memasakknya, simpan daging ayam di wadah yang bersih dan tertutup. Masukkan ke dalam freezer dan daging ayam biasanya bisa bertahan 2 – 3 hari.

Tapi kalau sudah berbau tidak sedap, lebih baik daging ayam tidak dimasak lagi.

Saat mau memasak daging ayam dari freezer, cairkan dulu daging ayam yang beku dengan cara memindahkannya ke kulkas bagian bawah.

Jangan mendiamkannya di area dapur, karena hal itu bisa membuat daging ayam terpapar bakteri lagi.

Cara lain yang bisa digunakannya adalah dengan menyiram daging ayam dengan cuka atau jeruk lemon untuk mengurangi bakteri yang dikandungnya, diamkan selama beberapa saat dan bilas dengan air yang mengalir.

Agar bakteri benar-benar hilang pastikan untuk memasak daging ayam dengan matang.

Jangan sampai ada bagian yang masih berwarna merah muda, karena itu mengindikasikan bahwa daging ayam baru setengah matang dan bakteri-bakteri di dalamnya masih belum mati.

Itulah tips ayam agar bebas dari bakteri, sehingga daging ayam aman untuk di konsumsi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.