Moms Perlu Tahu, Ini Manfaat Main Lego Bagi Anak

Avatar of PortalMadura.com
Moms Perlu Tahu, Ini Manfaat Main Lego Bagi Anak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Permainan tidak selalu soal aplikasi yang ada di gadget atau smartphone. Tapi, ada banyak mainan lain yang mengasyikkan. Seperti permainan lego.

Perlu Moms ketahui, Anda tidak harus selalu memarahi anak ketika ia bermain. Karena, mainan bagi anak-anak fungsinya bukan hanya saja membuat ia senang, melainkan dapat mengembangkan kecerdasan anak.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh psikolog anak, Ratih Ibrahim, anak-anak bukan hanya saja harus rajin dan pintar, tetapi harus kreatif.

Memiliki suatu inovasi adalah keunggulan luar biasa yang sama pentingnya dengan rajin dan pintar. Inilah mengapa moms harus membekali bakat yang si kecil yang dikembangkan lewat stimulasi sesuai usianya.

Stimulasi tersebut, Ratih mengatakan bisa didapatkan dari permainan yang diberikan. Salah satunya permainan lego yang bisa mengasah kreativitas seorang anak.

“Permainan ini juga dapat mendekatkan anak dan orang tua karena dapat dimainkan bersama-sama,” ujar Ratih.

Ratih juga menjelaskan, saat Anda dilahirkan di dunia, Anda sudah dikaruniai kecerdasan yang bersifat majemuk, seperti kognitif, psikomotor, dan psikososial. Hal tersebut pun perlu diasah agar berkembang secara optimal.

Bermain lego pun salah satu cara untuk mengoptimalkan kecerdasan karena anak akan memiliki imajinasi dari membuat lego-lego yang mereka susun.

Dari aspek kognitif, bermain lego anak dapat belajar konsep dasar, seperti mengenal bentuk, warna, jumlah, jarak atau ruang. “Imajinasi dan kreativitas anak pun berkembang melalui cara membuat bangunan, mengombinasi warna, dan lainnya,” papar Ratih.

Lalu untuk aspek psikomotor, anak-anak bermain lego dapat belajar koordinasi mata dan motorik. Keterampilan motorik halusnya berkembang dan motorik kasarnya berkembang lewat gerakan meraih, menekan, mengambil warna lego yang sesuai, menarik, atau memainkan jari jemari.

Dan manfaat lego untuk anak belajar psikososial ialah seperti anak bermain bersama teman mereka berinteraksi, diskusi, bekerja sama, diskusi, sharing mainan, belajar memberi, mengalah, dan tentunya bersosialisasi.

“Anak-anak yang gembira adalah pribadi yang sehat,” ujarnya.

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat yang didapat anak dari bermain lego. Sebagai orang tua Anda memang perlu lebih selektif dalam memilihkan permainan untuk anak sekaligus mendampinginya agar kegiatan bermainnya bisa bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.