Motor Mogok Terendam Banjir, Lakukan 6 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.com
Motor Mogok Terendam Banjir, Lakukan 6 Hal Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Terparah terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Sehingga menyebabkan kerugian meteri dan juga korban jiwa.

Salah satu dampak banjir yaitu akses transportasi sulit, mobil atau motor bisa mogok jika dipaksa melewati daerah yang terkena banjir. Seperti halnya motor, akan mogok karena beberapa komponennya terendam air. Jika itu terjadi, Anda perlu melakukan beberapa hal ini. Sebagaiamana dilansir PortalMadura.Com, Senin (6/1/2020) dari laman liputan6.com yang dikutip dari Wahana Honda.

Berikut penjelasannya:

Tenang dan Jangan Panik

Poin pertama ini harus diperhatikan, setelah keadaan lebih tenang, menganalisa keadaan motor Anda akan lebih berkonsentrasi. Jangan lupa posisikan motor seaman mungkin. Pilih tempat yang agak longgar dan tidak mengganggu.

Cek Busi dan Keringkan

Analisa pertama, perhatikan bagian busi. Lepaskan busi motor dan coba dikeringkan. Karena itu, pengendara diimbau untuk selalu membawa kunci busi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Setelah motor yang terendam banjir dikeringkan, coba gunakan kick starter tanpa busi menancap pada motor. Lakukan beberapa kali dan setelah itu pasang kembali busi. Apabila berhasil perhatikan step nomor 5 dari artikel ini.

Baca Juga: 6 Cara Nyalakan Motor Mogok Akibat Terendam Banjir

Cek Filter Karburator

Saringan udara tidak boleh terkena air. Karena itu cek filter karburator atau injector. Apabila di dalamnya terdapat banyak air, hal wajar bila motor tidak bisa menyala.

Cek Knalpot

Knalpot sebagai sarana pembuangan gas juga wajib terhindar dari air. Apabila pengendara tiba-tiba mengurangi gas ditengah banjir, knalpot dengan otomatis menghisap air di sekitarnya. Hal ini menjadi salah satu penyebab .

Solusi mengatasi hal ini yakni standar tengah motor Anda, dan posisikan ujung knalpot lebih rendah dari pangkalnya.

Panaskan Motor

Setelah menemukan penyebabnya, jangan lupa diamkan beberapa saat mesin motor setelah menyala. Untuk menyalakan gunakan kick starter saat kontak dalam posisi off. Gunakan manual starter atau kick starter beberapa kali, dan nyalakan kontak motor Anda.

Jika mesin motor telah dipicu selama beberapa kali, maka dengan sedikit sentuhan dari kick starter Anda motor akan menyala kembali.

Tunggu Sampai Layak Jalan

Walaupun sudah menyala, bukan berarti motor Anda bisa langsung digunakan. Tunggu beberapa menit untuk memastikan motor kembali dalam suhu yang optimal untuk dikendarai.

Cara mengetahui motor sudah siap untuk dikendarai yakni gas sudah stabil.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.