Mulai Persiapan Produksi, PT Garam Optimis Akhir Mei Sudah Panen

Avatar of PortalMadura.com
Mulai Persiapan Produksi, PT Garam Optimis Akhir Mei Sudah Panen
Persiapan produksi garam (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Memasuki musim kemarau tahun 2019, (Persero) yang berkantor di Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, itu telah mulai menggarap lahan untuk persiapan .

Persiapan yang dilakukan di antaranya pembenahan pada lahan produksi dan mengalirkan air yang siap diproduksi ke lahan pegaraman.

“Saat ini kami sudah mulai menggarap lahan untuk produksi garam. Sebagian pekerja sudah mulai turun ke lahan,” kata Dirut PT Garam (Persero), Budi Sasongko, Rabu (15/5/2019).

Menurutnya, jika cuaca terus membaik atau tidak terjadi hujan lagi, pada akhir bulan Mei ini, butiran kristal tersebut diprediksi sudah mulai bisa dipanen. Dalam produksi garam ini cuaca panas sangat dibutuhkan, karena produksi masih menggunakan tenaga matahari.

“Kalau tidak ada kendala seperti hujan mendadak, Insyaallah pada akhir Mei ini sudah mulai panen perdana. Semoga cuaca terus membaik,” jelasnya.

Pada tahun 2019, PT Garam (Persero) menargetkan bisa berproduksi garam mencapai 450 ribu ton. Target itu meningkat dibanding tahun 2018 yang hanya 300 ribu ton semusim. Naiknya target produksi garam itu lantaran musim kemarau tahun ini diprediksi akan lebih bagus dibanding tahun lalu.

Baca Juga : Pasangan M3sum dan Pemuda Pesta Miras Digaruk Petugas Gabungan

Saat ini PT Garam memiliki luas lahan sekitar 5.600 hektare. Lahan tersebut tersebar di Sumenep, Pamekasan, dan Sampang, serta di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Dari 5.600 hektare itu yang dimanfaatkan untuk produksi garam seluas 4.500 hektare. Sedangkan sisanya berupa fasilitas pendukung, seperti kantor, gudang, dan jalan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.