Muslim, Ini 3 Kota Mulia Umat Islam Yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Muslim, Ini 3 Kota Mulia Umat Islam Yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sejarah perkembangan peradaban Islam yang panjang meninggalkan banyak kisah yang menarik untuk diketahui oleh para muslim. Salah satunya mengenai beberapa kota di dunia yang menyimpan banyak sejarah dan berperan besar di awal munculnya agama Islam, yang hingga kini banyak diziarahi.

Dari sekian banyak kota, dalam sejarah Islam, terdapat tiga kota yang Allah SWT muliakan, seperti kota Yerussalem atau Al-Quds, Makkah, dan Madinah. Keistimewan tiga kota tersebut, setidaknya tergambar dari situs berupa masjid yang berada di dalamnya, (HR Bukhari Muslim dari Abu Hurairah R.A).

Berikut tiga kota penting dan mulia dalam sejarah peradaban Islam:

Yerussalem
Allah SWT melindungi kota yang di dalamnya terdapat Masjid Al-Aqsha ini. Sebuah riwayat dari Ka’ab al-Akhbar disebutkan bahwa Allah melakukan pengawasan Al-Quds, dua kali setiap harinya. Al-Aqsha, adalah kiblat pertama umat Islam.

Menurut Az-Zajaj, ada beberapa alasan mengapa Yerussalem Palestina begitu penting dan disucikan Allah SWT. Selain tempat Isra’ Rasulullah dan tempat penghapus dosa kecil, Al-Quds juga dijauhkan Allah dari segala bentuk dan aktivitas syirik sehingga menjadi tempat singgah para nabi terdahulu.

Makkah
Makkah merupakan kota kelahiran Rasulullah. Kota yang dijuluki dengan Umm Al-Qura ini karena konon adalah kota yang pertama kali diwujudkan oleh Allah. Makkah dilindungi oleh para malaikat sebelum Allah menciptakan apa pun selama seribu tahun. Luas kota ini adalah 550 km persegi dengan panjang 127 km.

Penentuan batas kota konon setelah turun perintah dari Malaikat Jibril kepada Nabi Ibrahim AS. Batas Makkah adalah Masjid Tan’im, daerah Ji’ranah, Al-Hudaibiyyah, Nakhlah, Adlat Laban, dan Ahl Al-Haram.

Madinah
Kota ini menjadi sangat bersejarah dalam perjuangan Rasulullah ketika berdakwah menyebarkan Islam. Di kota inilah pertemuan yang paling mengesankan antara kaum Muhajirin dan Anshar.

Sebagai salah satu bentuk penghormatan terhadap kota ini, Allah SWT akan mengampuni dosa mereka yang tutup usia dan lantas dimakamkan di kota ini. Rasulullah bersabda, “Siapa yang mampu menutup usia di Madinah, maka hendaklah ia meninggal di sana karena aku memberi syafaat pada orang yang meninggal di sana,” (HR Tirmizi dan Ahmad). (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.