Muslim Wajib Tahu, Ini 4 Cara Kelola Emosi Saat Puasa Ramadan

Avatar of PortalMadura.Com
Muslim Wajib Tahu, Ini 4 Cara Kelola Emosi Saat Puasa Ramadan
ilustrasi (jagad.top)

PortalMadura.Com – Menjalankan Ramadan merupakan kewajiban bagi umat muslim di seluruh dunia. Saat berpuasa, setiap umat muslim tidak hanya menahan haus dan lapar, tapi juga dianjurkan untuk menahan emosi.

Tidak jarang, seseorang dalam mengontrol emosinya saat menjalankan puasa terasa lebih berat dibanding hari-hari biasa. Untuk itu, emosi yang secara signifikan bisa berubah sewaktu-waktu perlu dikelola dengan baik agar puasa tidak menjadi sia-sia.

Berikut empat cara mengelola emosi yang tepat saat menjalankan puasa:

Sadar Situasi
Memilih untuk menghindari situasi yang bisa memicu amarah adalah salah satu langkah tepat mengelola emosi. Misalnya, Anda berangkat 10 menit lebih awal demi menghindari terpancingnya emosi karena kondisi jalanan macet.

Alihkan Emosi
Saat berada dalam diskusi atau debat pekerjaan yang memanas, jangan terburu-buru menaikkan emosi. Belajar dan biasakan diri untuk tetap tenang akan membantu Anda mengelola emosi dengan baik. Caranya dengan membayangkan suatu hal yang bisa membuat tenang dan senang. Ketika pikiran sudah stabil, Anda bisa membantu situasi yang memanas jadi lebih damai.

Ubah Pola Pikir
Emosi biasanya memuncak ketika kita selalu memikirkan hal negatif dan mengabaikan kebahagiaan. Kecemasan, kegagalan, dan rasa pesimis bisa memicu tingkat emosi Anda. Untuk menghindarinya, coba buat beberapa pilihan sebelum bertindak. Antisipasi akan membuahkan hasil yang baik bagi diri Anda.

Ubah Respons
Saat emosi menghampiri pikiran, langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mengendalikannya adalah dengan mengubah respons atau reaksi. Tenangkan diri dengan ambil napas dalam-dalam sambil menutup mata sejenak. Cara ini ampuh untuk mengumpulkan daya batin positif. (Liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.