Neraca Perdagangan Juli Defisit 2 M

Avatar of PortalMadura.Com
Neraca Perdagangan Juli Defisit 2 M
Ilustrasi mata uang dolar (Foto File - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Kinerja perdagangan Indonesia belum kunjung membaik karena berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada Juli kembali defisit.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, neraca perdagangan RI mengalami defisit sebesar USD2,03 miliar.

Sementara pada bulan Juni, kinerja perdagangan Indonesia mulai kembali mencatatkan surplus untuk kedua kalinya pada tahun ini. dilaporkan Anadolu Agency, Rabu (15/8/2019).

Suhariyanto menambahkan, secara tahun kalender Januari-Juli, total neraca perdagangan Indonesia tercatat defisit USD3,09 miliar.

“Salah satu penyebabnya adalah impor migas karena kenaikan harga migas yang luar biasa,” jelas dia.

Sebenarnya, berdasarkan data BPS, ekspor Juli 2018 tumbuh cukup bagus. Namun, pertumbuhan impor jauh lebih tinggi dari ekspor.

Posisi ekspor Indonesia pada Juli 2018 sebesar USD16,24 miliar atau tumbuh 19,43 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Bila dibandingkan dengan kinerja ekspor Juni, ekspor pada Juli juga tumbuh 25,19 persen.

“Bulan Juni lebaran, banyak liburan, itu salah satu penyebab pertumbuhan ekspor,” jelas dia.

Untuk ekspor nonmigas, Suhariyanto menjelaskan terjadi kenaikan sebesar 31,18 persen. Sementara ekspor migas justru mengalami penurunan karena turunnya nilai hasil minyak.

Sementara dari sisi impor, Suhariyanto menjelaskan, tercatat sebesar USD18,27miliar.

Nilai impor tumbuh sangat signifikan sebesar 63,17 persen dari posisi Juni 2018.

“Impor juga tercatat mengalami kenaikan jika dibandingkan bulan Juli 2017 yang hanya USD13,89 miliar,” tambah Suhariyanto.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tingginya impor disebabkan oleh impor migas dan nonmigas yang tumbuh tinggi di bulan ini. Tercatat impor migas sebesar 22 persen dan nonmigas sebesar 71 persen. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.