oleh

Ngantuk Setelah Makan Siang? Ini 5 Solusinya

PortalMadura.Com – Waktu makan siang merupakan waktu lelah yang dialami bagi semua orang. Baik itu pekerja kantoran, anak sekolah, dan lain sebagainya.

Usai makan siang pastilah mata kita sangat berat dan ingin sekali tidur siang. Namun apa daya pekerjaan dikantor masih banyak.

Bagaimana solusinya? Mari kita simak.

Lakukan beberapa aktivitas fisik

Aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah di tubuh, memperlancar suplai oksigen dan nutrisi ke jaringan otot dan meningkatkan energi tubuh secara alami. Kamu bisa mencoba naik-turun tangga selama 5 menit untuk memanaskan tubuh.

Mengunyah permen karet

Sebuah penelitian di St Lawrence University menemukan bahwa siswa yang mengunyah permen karet tepat sebelum ujian memiliki daya ingat yang lebih baik. Namun jangan lakukan itu secara berlebihan, karena para peneliti menemukan bahwa mengunyah permen karet selama lebih dari 15 sampai 20 menit benar-benar dapat menurunkan stimulasi mental.

Loading...

Minum banyak air

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, sensitivitas, dan susah berkonsentrasi. Jadi, jangan lupa minum air saat bekerja. Minimal 8-10 gelas per hari.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dikatakan dapat meningkatkan kerja kognitif. Para ilmuwan menemukan bahwa mendengarkan musik dapat membuat peserta studi menyelesaikan lebih banyak pertanyaan sesuai waktu yang ditentukan, dan mendapatkan lebih banyak jawaban yang benar.

Makan dalam takaran kecil

Makan terlalu banyak saat makan siang bisa membuat perut terasa kembung. Jadi, makanlah dalam takaran kecil dan tunggu setidaknya 20 menit untuk menyantap makanan selanjutnya.

Lima cara ini dapat kamu lakukan dengan mudah dan membantu mata tetap terbuka usai makan siang. Dengan cara ini, kamu dapat mengisi perutmu dengan maksimal dan tetap bekerja dengan optimal.

Itulah 5 solusi agar kamu tidak ngantuk usai makan siang. Semoga bermanfaat.


Rewriter : Agnes Hafilda Kusuma
Sumber : merdeka.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar