Nihil Anggaran Pembangunan Perpustakaan di Pamekasan

Avatar of PortalMadura.Com
Nihil Anggaran Pembangunan Perpustakaan di Pamekasan
Ilustrasi

PortalMadura.com, – Ratusan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur sampai sekarang belum memiliki . Dari 416 SD yang ada, tercatat ada 119 SD yang belum mempunyai fasilitas baca tersebut.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan, Rusdiyadi mengungkapkan, pada tahun 2019 tidak ada anggaran untuk pembangunan gedung perpustakaan baru. Hanya saja, ada anggaran renovasi untuk 28 unit bangunan yang perlu diperbaiki.

“Masih ada sekitar 119 SD yang sampai sekarang belum memiliki perpustakaan. Kami akan berupaya untuk membangun perpus di semua SD, karena fasilitas itu sangat penting untuk meningkatkan minat baca siswa,” ungkapnya, Senin (28/1/2019).

Dikatakan Rusdiyadi, untuk membangun perpustakaan saat ini menjadi kewenangan SD yang bersangkutan, karena sudah ada bantuan operasional sekolah (BOS) untuk pengayaan bahan bacaan bagi siswa. Oleh karena itu, sekolah harus memaksimalkan anggaran tersebut guna meningkatkan kecerdasan murid.

“Untuk pembelian buku koleksi perputakaan ada di BOS sebesar 5 persen dari dana yang diterima sekolah. SD yang sudah punya perpustakaan kami harap dimanfaatkan dengan maksimal, jangan hanya dibangun kemudian minat baca murid tidak ada peningkatan,” pungkasnya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Nurul Hijriyah

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.