Nihil Panti Rehabilitasi, 5 Pengguna Narkoba Dikirim ke Pamekasan

Avatar of PortalMadura.Com
Nihil Panti Rehabilitasi, 5 Pengguna Narkoba Dikirim ke Pamekasan
Ist. Net

PortalMadura.Com, – Sebanyak 5 pecandu asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sedang menjalani rehabilitasi di panti rehabilitasi narkoba di Pamekasan. Sebab, di Sumenep sendiri tidak ada panti rehabilitasi narkoba.

“Kami terpaksa harus mengirim korban narkoba itu ke Pamekasan, karena kami sendiri belum mempunyai balai rehabilitasi,” terang Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumenep, Bambang Sutrisno, Kamis (19/5/2016).

Kelima korban narkoba tersebut, lanjutnya, bersedia untuk menjalani rehabilitasi karena ada keinginan untuk sembuh dan keluarganya pun mendukungnya.

“Awalnya, keluarga korban narkoba itu datang pada kami dan saat kami menawarkan solusi untuk rehabilitasi, mereka setuju, makanya kami langsung mengirimnya ke panti rehabilitasi di Pamekasan,” paparnya.

Bambang menegaskan, saat ini pihaknya tengah gencar melakukan sosialisasi untuk mengubah pola pikir masyarakat, agar tidak takut melaporkan pada BNNK, apabila ada angggota keluarganya yang kecanduan barang haram tersebut.

“Selama ini kan masyarakat takut untuk melaporkan ke kami, takut ditangkap. Padahal tidak seperti itu. Sesuai Undang-undang no 35 tahun 2009 tentang narkotika khususnya pasal 128 ayat 2, kalau ada pecandu narkoba yang belum cukup umur dan dilaporkan oleh orang tuanya, maka yang bersangkutan ini justru akan bebas sanksi pidana,” tegasnya.

Menurutnya, saat ini ada pergeseran sasaran narkoba. Bukan lagi hanya pada kalangan pengusaha mapan, justru sasarannya pada kalangan .

“Makanya kami menggencarkan sosialisasi ke sekolah-sekolah agar pelajar tidak terpengaruh narkoba itu dan kalau ada yang sudah menjadi korban, silahkan dilaporkan ke kami agar secepatnya bisa direhabilitasi,” tukasnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.