Normalkah Sering Kencing Usai Sahur? Ini Jawabannya

Avatar of PortalMadura.com
Normalkah Sering Kencing Usai Sahur? Ini Jawabannya
ilustrasi (merdeka.com)

PortalMadura.Com – Ketika sedang asyik-asyiknya menyantap makan sahur, pernahkah Anda merasa kalau dorongan untuk kencing jadi lebih sering muncul?. Beberapa di antara Anda mungkin pernah mengalaminya, terutama usai banyak minum dengan tujuan supaya kuat puasa agar tidak mudah haus. Normalkah?.

Fenomena kencing karena usai banyak minum air sebetulnya hal yang normal. Sebab itu, berarti ginjal Anda bekerja sebagaimana mestinya.

Saat seseorang banyak mengonsumsi air lebih dari kebutuhan, maka ginjal akan berusaha menjaga keseimbangan cairan tubuh supaya tidak terlalu encer dengan memproduksi ekstra urine.

Baca Juga: Ini Manfaat Pria Kencing Posisi Duduk

Namun, yang harus diwaspadai adalah bila dorongan kencing muncul usai mengonsumsi kopi atau teh. Menurut dr Purwita, SpPD-KGer, dalam seminar publik di aula kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjelaskan, bahwa kedua minuman tersebut sebetulnya tidak cocok untuk sahur karena bersifat diuretik atau merangsang buang air kecil.

“Jadi selama puasa bisa-bisa banyak cairan yang terbuang,” kata dr Purwita.

Perlu diketahui, kebiasaan minum air putih yang sehat selama puasa di bulan disebut para ahli bisa dengan formasi 2-4-2, yaitu 2 gelas pada saat berbuka, 4 gelas setelah berbuka sampai sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.