oleh

Orang Tua Cerdas, Lakukan 3 Hal Ini Agar Anak Kerjakan PR

PortalMadura.Com – Kebiasaan anak saat pulang sekolah biasanya enggan untuk memeriksa Pekerjaan Rumah (PR). Anak cenderung lebih suka bermain seperti nonton televisi, bermain game atau keluar bersama teman-temannya.

Sebagai orang tua walaupun membolehkannya untuk bermain tetapi Anda juga harus memperhatikannya. Karena apabila anak lupa mengerjakannya bukan tidak mungkin anak Anda akan dihukum di sekolah dan kemungkinan Anda juga akan dipanggil karena kelalaiannya mengurus anak.

Perlu diketahui, setiap anak memiliki karakter masing-masing. Jika anak memiliki sikap pemalas maka Anda harus mengingatkannya secara terus menerus agar dia merasa punya tanggung jawab terhadap apa yang harus dilakukannya. Nah, agar insiden lupa mengerjakan PR ini tidak terjadi lagi, coba terapkan tiga trik ini:

Area Khusus untuk Kerjakan PR
Sediakan sudut di rumah khusus untuk mengerjakan PR. Sebaiknya tidak dalam kamar tapi di area yang bisa Anda atau ayahnya lihat. Saat anak kesulitan mengerjakan, orangtua bisa mendampingi.
Dengan adanya area khusus ini kemungkinan anak jadi bisa langsung duduk di tempat tersebut saat mengerjakan PR. Hal ini sangat membantunya dalam membentuk kebiasaannya.

Kumpulkan Bahan dan Materi
Taruh perlengkapan belajar anak di area yang telah disiapkan, seperti pulpen, pensil, penghapus, penggaris dan lain-lain. Dengan begitu, dia tidak perlu bolak-balik mengambil perlengkapan saat mengerjakan tugas atau PR dan jadi lebih fokus. Pastikan juga dia merapikan dan menyimpannya kembali setelah menggunakannnya.

Buat Papan Checklist
Taruh papan kecil lengkap dengan spidol atau kapur. Minta anak Anda untuk menuliskan tugas atau PR yang harus dikerjakan dan kapan harus dikumpulkan. Dengan begitu Anda juga tahu tugas-tugas anak di sekolah. Setiap tugas atau PR yang sudah dikerjakan, diberi tanda. Cara ini membantu anak dalam hal mengatur tugas-tugasnya di sekolah. (dream.co.id/Putri)