oleh

Orang Tua, Hindari 3 Kata Ini Saat Berbicara dengan Anak

PortalMadura.Com – Orang tua harus menjaga ucapan di depan anak-anak. Karena mereka bisa merekam dan mengingat dengan baik apapun yang didengar atau diucapkan. Selain dalam bertutur, orang tua juga perlu hati-hati dalam bertindak agar tidak ditiru si kecil.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (14/11/2019) dari laman haibunda.com yang dikutip dari Family Minded. Ada beberapa kata yang sebaiknya dihindari orang tua untuk diucapkan pada anak. Apa saja? Berikut penjelasannya:

Menanyakan Apa yang Terjadi dengan Diri Mereka

Ucapan seperti, ‘Apa yang terjadi denganmu’ sebaiknya juga menjadi kalimat yang dihindari dikatakan pada anak-anak, Bun. Kalimat ini bisa menjadi bermasalah ketika anak sedang marah atau terganggu. Sebab, anak-anak akan bertanya pada diri sendiri apa yang salah dengan mereka dan mereka tidak akan dapat menemukan jawabannya.

Loading...

Selalu

Selain itu, Bunda sebaiknya juga menghindari menggunakan kata-kata seperti ‘selalu’. Sebab, kata ‘selalu’ seperti sebuah penilaian negatif kepada anak-anak. Bunda menghakimi mereka seperti tidak pernah berubah dalam melakukan sesuatu.

Hal ini bisa membuat anak merasa tidak berguna, dan tidak ada manfaatnya berubah jadi lebih baik.

Baca Juga: Pilkades Juruan Laok Dilanjutkan Kamis, Tim Kabupaten dan Aparat Keamanan Cek Lo…

Tidak Pernah

Kalimat ‘tidak pernah’ juga sebaiknya dihindari ketika berbicara dengan anak. Sebab, ucapan tersebut dapat membuat mereka berpikir bahwa mereka tidak memiliki harapan.

Sebagai orangtua, tentu saja Bunda harus memberikan support terbaik untuk anak dan tidak menempatkan beban yang membuatnya cemas. Untuk itu, berikan kalimat yang mendukung dan tidak menyudutkan agar proses belajar mereka berjalan maksimal.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: haibunda.com
Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE