Orang Tua, Lakukan 6 Hal Ini Saat Anak Terpapar Berita Terorisme

Avatar of PortalMadura.com
Orang Tua, Lakukan 6 Hal Ini Saat Anak Terpapar Berita Terorisme
ilustrasi (Aura.co.id)

PortalMadura.Com – Baru-baru ini sempat dihebohkan dengan kabar tentang kelompok teroris dan ledakan bom yang bertubi-tubi di beberapa tempat seperti di Jawa Timur tepatnya di Surabaya dan Sidoarjo.

Segala bentuk pemberitaan tersebut tentu akan berpengaruh pada anak secara psikologis. Di samping itu, ketakutan dan berbagai kekhawatiran yang heboh tentang bom bunuh diri itu menyita perhatian banyak orang.

Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan seruan mengenai panduan orang tua dalam berbicara terkait kejahatan pada anak. Ada enam poin utama dalam seruan tersebut. Berikut panduan yang sangat berguna bagi orang tua:

1. Cari tahu apa yang anak pahami. Bahas secara singkat apa yang terjadi seperti fakta-fakta yang sudah terkonfirmasi dan ajak anak menghindari isu spekulasi.

2. Hindari anak dari paparan televisi dan media sosial yang sering menampilkan gambar dan adegan mengerikan bagi anak, terutama anak di bawah usia 12 tahun.

3. Identifikasi rasa takut anak yang mungkin berlebihan. Pahami bahwa tiap anak memiliki karakter unik. Jelaskan bahwa kejahatan terorisme sangat jarang namun kewaspadaan tetap diperlukan.

4. Bantu anak mengungkapkan perasaannya terhadap tragedi yang terjadi. Bila ada rasa marah, arahkan pada sasaran yang tepat yaitu pelaku kejahatan. Hindari prasangka pada identitas golongan.

5. Jalani kegiatan keluarga bersama secara normal untuk memberikan rasa nyaman serta tidak tunduk tujuan teroris yang mengganggu kehidupan Anda. Kebersamaan dan komunikasi yang rutin penting untuk mendukung anak.

6. Ajak anak berdiskusi dan mengapresiasi kerja polisi, TNI dan petugas kesehatan yang melindungi, melayani dan membantu saat masa tragedi. Diskusikan lebih banyak tentang sisi kesigapan dan keberanian mereka daripada sisi kejahatan pelaku teror. (Suara.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.