Orang Tua Muslim, 4 Cara Ini Dapat Mengatasi Pergaulan Bebas Remaja

Avatar of PortalMadura.Com
Orang Tua Muslim, 4 Cara Ini Dapat Mengatasi Pergaulan Bebas Remaja
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Berbicara pergaulan bebas, maka berkaitan dengan anak remaja. Masa remaja adalah masa dimana mereka ingin mencoba sesuatu hal yang baru dan mulai mencari jati dirinya.

Melihat berbagai fakta pergaulan bebas saat ini, tidak sedikit remaja yang telah mencapai titik kekhawatiran yang sangat tinggi, terutama masalah seks bebas dan penggunaan obat-obat terlarang. Setiap orang tua tentunya tidak ingin anaknya terjerumus ke dalam pergaulan bebas, apalagi sekarang ini sudah dekat dengan kehidupan dunia barat, dan sangatlah tidak mudah mendidik remaja agar memiliki konsep hidup sebagai seorang muslim.

Bagi Anda yang merasa kebingungan mendidik anak remaja agar tumbuh dan berkembang sesuai dengan ajaran agama, berikut ini ada beberapa saran terbaik yang bisa Anda lakukan :
Didik Anak Lebih Serius Lagi
Kedua orang tua harus memahami anak-anak mereka sebagai kepercayaan dari Allah yang harus dipertanggungjawabkan, dan dia akan bertanya bagaimana anak dibesarkan. Jika anak-anak tidak tumbuh mempraktikkan Islam karena kelalaian orangtua mereka, maka waktu tak dapat diulang lagi untuk mendidiknya.

Mengurangi atau Mengubah Jam Kerja dan Tukaran untuk Keluarga
Lebih baik punya sedikit harta atau tinggal sederhana tetapi dekat dengan keluarga dan banyak waktu memperhatikan anak. Ketimbang rumah mewah, harta berlimpah, karier tinggi, namun anak tak terurus dan jauh dari agama. Keluarlah dari pekerjaan kemudian bimbing anak untuk menegakan salat di masjid.

Baca Alquran dan Pahami Maknanya
Banyak membaca Alquran dan terjemahannya setiap hari. Isi waktu luang untuk memahami isi Alquran, entah itu ketika sedang macet di mobil.

Cara ini baik untuk dicontohkan kepada seorang anak.

Menghadiri Halaqah Mingguan
Daripada menonton TV di rumah atau jalan-jalan ke mall, lebih baik menghadiri acara dakwah Islam. Cara ini menyelamatkan anak Anda pula dari aktivitas bermain mereka yang sia-sia. (okezone.com/Nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.