Orang Tua, Perhatikan 3 Hal Ini Saat Si Kecil Nonton TV

Avatar of PortalMadura.Com
Orang Tua, Perhatikan 3 Hal Ini Saat Si Kecil Nonton TV
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu cara cepat untuk menenangkan yaitu main gadget dan nonton televisi. Cara ini dinilai efektif dilakukan orang tua saat anaknya nangis.

Namun, banyak hal yang harus orang tua perhatikan saat si kecil asyik . Selain konten yang dilihat juga batasan usia. Sehingga orang tua harus bijak untuk memperlihatkan tontonan di televisi yang sebenarnya masih belum cocok untuk si kecil.

Lantas apa alasan orang tua menghindarkan anak saat menonton televisi? Berikut ulasannya:

Perkembangan Otak Secara Dini
Meskipun bayi dan balita suka nonton TV, mereka belum mengerti makna apa yang ada dalam layar tersebut lho, Bun, karena butuh waktu selama 18 bulan bagi otak bayi untuk berkembang. Tentu sebelum usia 18 bulan, mereka belum bisa menghubungkan peristiwa yang ada di TV dengan yang ada di dunia nyata.

Bayi dan Balita Belajar Lewat Interaksi
Secara alami, bayi dan balita akan belajar dari orang lain. Melalui interaksi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, mereka dapat belajar cara berkomunikasi. Jangan terlalu sering mengajak anak berkomunikasi lewat video call ya, Bun. Bagaimana pun juga, anak membutuhkan stimulasi memegang, melempar, dan mendengar berbagai suara. Interaksi melalui video call tidak dapat memenuhi berbagai stimulasi tersebut.

Dampak Negatif Bila Anak Nonton TV Sebelum Umur 18 Bulan
Balita yang sering nonton TV berpotensi memiliki masalah pada atensi di usia 7 tahun. Sedangkan, pada bayi, terlalu banyak nonton TV berdampak negatif pada perkembangan bahasa, kemampuan membaca, ingatan jangka pendek, sulit tidur, hingga sulit memperhatikan.

Dokter anak, David L. Hill, MD, FAAP menyarankan batasi durasi nonton TV anak jadi satu jam sehari, sebelum usia 18 bulan sampai 5 tahun. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.