Over Prestasi, Koramil Klampis Bangkalan Bangun Jamban Gratis Milik Warga

Avatar of PortalMadura.Com
Over Prestasi, Koramil Klampis Bangkalan Bangun Jamban Gratis Milik Warga
Jambanisasi

PortalMadura.Com, 0829/Bangkan, Madura, Jawa Timur terus melangsungkan program gratis bagi masyarakat miskin dan kurang mampu.

Dari 18 Koramil yang melaksanakan kegiatan disana, satu di antaranya mengalami over prestasi, yakni Koramil 14/Klampis, yang mampu 100 persen menyelesaikan pembangunan jamban, milik Halisun (40), warga Dusun Larangan Glintong Dejeh, Desa Larangan Glintong.

Komandan Koramil 14/Klampis, Kapten Inf Akhmad Djailani, mengatakan keberhasilan pembangunan jamban milik warga itu terlaksana berkat gotong royong antara anggota Koramil dengan masyarakat, sehingga hasilnya maksimal selesai 100 persen.

“Jadi, sudah siap pakai,” terangnya, Jumat (21/8/2015).

Sementara, Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, menjelaskan, pembuatan jamban dilakukan anggota TNI yang bertugas di tiap-tiap Koramil dengan dibantu masyarakat.

Keberhasilan Komsos yang dilaksanakan Koramil 14/Klampis hingga capai 100% pembangunan jamban milik warga, dapat menjadi contoh dan diikuti oleh Koramil lain.

Program tersebut merupakan tindak lanjut dari program 1 juta jamban yang dicanangkan TNI AD.

“Hingga kini, jamban yang sudah dibangun mencapai 150 unit. Proses pembangunan jamban akan terus diupayakan berjalan secara bertahap hingga mencapai target seperti diharapkan,” katanya.

Menurutnya, pembangunan jamban merupakan bentuk kepedulian TNI membantu program pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Pembangunan jamban yang sedang dilakukan Kodim 0829/Bangkalan, sebanyak 302 unit di tiap-tiap Koramil dengan gotong royong dibantu masyarakat, yang tersebar di 18 kecamatan seluruh wilayah Kabupaten Bangkalan.

Dandim menyebutkan 150 jamban yang dibangun merupakan bantuan tahap awal. Sebab, ada sekitar 6.000 keluarga di Bangkalan belum memiliki jamban yang representatif.

“Kami juga menyampaikan dan mengajak kepada instansi Pemerintah/swasta/pengusaha untuk ikut andil dan berkontribusi bersedia membantu anggaran pembuatan jamban. Kami juga berharap peran serta swasta atau perusahaan membantu program jambanisasi ini,” katanya.(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.