oleh

PAD Sektor Parkir Membaik, Sekda Sumenep: Jika Ada Jukir Nakal Ditindak Saja

PortalMadura.Com, Sumenep – Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir berlangganan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengalami peningkatan yang cukup baik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Edi Rasyiadi menyebutkan, awalnya PAD dari sektor parkir hanya kisaran Rp 52 juta per tahunnya. Namun, sejak adanya parkir berlangganan naik drastis.

Dari Rp 4,2 miliar yang ditargetkan dari parkir berlangganan, tahun ini sudah mampu terealisasi Rp 3,7 miliar. “Kenaikan ini cukup pesat. Maka, jangan sampai ada petugas parkir melakukan pungutan liar. Kalau ada jukir nakal tindak saja,” tegasnya, Minggu (15/12/2019).

Hal tersebut disampaikan dalam momentum pengundian parkir berlangganan atau pemberian reward bagi masyarakat yang aktif membayar parkir berlangganan. Acara digelar Dinas Perhubungan Sumenep di Lapangan Kesenian Sumenep (LKS).

Edi Rasyiadi yang mewakili Bupati Sumenep, A Busyro Karim menjelaskan, parkir berlangganan sudah berjalan sejak tahun 2012 dengan merujuk pada Perda Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Umum serta Perbup Nomor 14 Tahun 2012 Tentang Pemungutan Retribusi Parkir Berlangganan.

Menurut dia, dengan dilaksanakannya pengundian parkir berlangganan adalah wujud apresiasi bagi warga Sumenep yang telah membayar retribusi sekaligus merangsang agar masyarakat aktif memenuhi kewajibannya.

“Parkir berlangganan tentu meringankan beban parkir, karena sudah jelas mendapat kepastian tempat dan waktu parkir,” katanya.

Loading...

Ke depan, program parkir berlangganan butuh dukungan semua pihak, termasuk juru parkir yang profesional. “Juru parkir yang sudah membantu kita dengan baik, perlu juga mendapatkan hadiah. Ke depan perlu juga dipikirkan. Misalnya, siapa tahu ada umrah gratis bagi mereka,” katanya mencontohkan seraya disambut tepuk tangan para jukir.

Pengundian parkir berlangganan Dishub Sumenep (Foto. Joni Suhartono)

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep, Agustiono Sulasno menyampaikan, program tahun berikutnya tentu akan ditingkatkan lagi, baik reward kepada pelanggan maupun kepada juru parkir.

Tahun ini, hadiah yang diberikan kepada pelanggan parkir adalah satu unit motor elektrik, dua buah lemari es, TV berwarna, kipas angin, mesin cuci, uang dari Bank Jatim. “Nilainya ada yang satu juta dan dua orang mendapatkan masing-masing 500 an ribu serta hadiah menarik lainnya,” katanya.

Even pengundian parkir berlangganan tersebut dalam kendali Kabid Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Dadang Dedi Iskandar.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Administrasi Umum Setdakab Sumenep, Mohammad Fadilah, perwakilan Samsat Sumenep, perwakilan BPPKAD, Bank Jatim, Bappenda Provinsi, Dinas Sosial Sumenep, DPMPTSP Sumenep, Satlantas Polres Sumenep dan BPRS Sumenep.(*)

Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Hartono
Berita PortalMadura
Loading...

Komentar