Pendidikan Karakter Lebih Penting, Disdik Bangkalan Sepakat UN Dihapus

Avatar of PortalMadura.com
Disdik Pamekasan Setuju UN Dihapus
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, sepakat terhadap penghapusan (UN).

Kadisdik Bangkalan, Bambang Budi Mustika menilai, pendidikan karakter bagi peserta didik jauh lebih penting.

Penegasan tersebut seiring dengan keinginan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI yang akan menghapus UN setelah tahun 2020.

“Kami sangat setuju dengan dihapusnya UN. Jadi bisa digantikan dengan yang namanya survei karater. Jadi pendidikan karakter itu sangat penting dan harus diutamakan. Contohnya, dari survei karakter tersebut agar anak sekolah betul-petul paham Pancasila,” katanya, Minggu (15/12/2019).

Penghapusan UN akan dilakukan sejak tahun 2021. Dengan dihapusnya UN dapat diganti dengan istilah asesmen kompetensi minimum.

Baca Juga : Pria Sampang Rudapaksa Anak Bawah Umur

“Asesmen itu bukan di akhir sekolah, tetapi di pertengahan sekolah, kalau SD dilaksanakan dari waktu kelas 4. Sedangkan kalau SMP dimulai dari kelas 8. Jadi masih punya tenggang waktu bagi anak yang tidak mampu dalam segi mata pelajaran untuk memperbaiki lagi,” urainya.

Kelulusan siswa, sambungnya, ditentukan oleh guru dan sekolah bukan tolak ukur dari pemerintah. “Karena kalau USBN 2020 itu sudah dikembalikan ke sekolah, yang sebelumnya USBN itu tolak ukurnya dari kabupaten,” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.