oleh

PAK Bangkalan Capai Rp 96 Miliar

PortalMadura.Com, Bangkalan – Perubahan anggaran APBD dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur sebesar Rp. 96 miliar.

Menurut A. Hafid, Ka. Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bangkalan, penyesuaian anggaran ini dimaksudkan sebagai antisipasi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD.

“Dalam perkembangan terkadang ada kebijakan umum Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten dalam tahun berjalan yang terkait dengan pengalokasian anggaran yang sudah tidak sesuai lagi dengan asumsi KUA (Kebijakan Umum Anggaran),” jelas A. Hafid, Senin (11/8/2014).

iklan hari santri

Contohnya, penambahan pagu tunjangan sertifikasi guru yang notabene jumlahnya bertambah setiap tahunnya. Kedua adalah kebijakan pengelolaan dana BPJS atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Karena KUA ini dibuat pada awal tahun, maka perkembangannya akan dinamis. “Banyak penyesuaian kebijakan selama tahun berjalan anggaran berjalan. Sehingga kita-pun harus menyesuaikan pagu anggaran ini sesuai kebijakan nasional maupun Provinsi,” katanya.

Adapun uraian detail peruntukannya adalah ; 1. untuk penambahan tunjangan sertifikasi guru dialokasikan sebesar kurang lebih Rp. 63,5  miliar. 2. Untuk sektor infrastruktur dan lain-lain dialokasikan sebesar Rp. 6 miliar. 3. Sedangkan sisanya (Rp. 26 miliar) untuk alokasi JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). (dit/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.