Pakai Lipstik Setiap Hari Bikin Bibir Gelap, Benarkah?

Avatar of PortalMadura.com
Pakai Lipstik Setiap Hari Bikin Bibir Gelap, Benarkah
Ilustrasi (CNN Indonesia)

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, lipstik sudah menjadi produk yang digunakan setiap hari bagi kebanyakan perempuan. Mulai dari lipstik matte, lip gloss, lips stain, dan yang lainnya.

Bagi seseorang yang mempunyai warna bibir cenderung gelap, keberadaan lipstik mungkin menjadi penyelamat agar warna bibir terlihat lebih cerah. Tapi ada sebagian orang yang mengatakan bahwa menggunakan lipstik setiap hari bisa membuat bibir menjadi gelap. Benarkah itu?.

Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan berikut ini:

Dilansir PortalMadura.Com, Kamis (28/112019) dari laman Fimela.com, Menurut hasil wawancara Beauty Journal dengan dr. Shinta Damayanti, SpKK di Erha Dermatology, bibir yang menggelap (bukan gelap karena genetik) biasanya dimulai karena iritasi.

Nah, iritasi ini bisa disebabkan salah satunya oleh penggunaan lipstik dengan formula yang kurang cocok. Salah satu riset di tahun 2013 juga menyatakan bahwa terdapat kandungan metal yang cukup tinggi dalam formula lipstik yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan.

Lantas, bagaimana solusi mengatasinya?. dr. Shinta menyebutkan, bahwa solusinya adalah menemukan lipstik dengan formula yang tepat. Sebab, apabila Anda tetap menggunakan produk yang sama bukan tidak mungkin akan membuat bibir Anda menjadi gelap.

Ia juga menambahkan, biasanya lipstik yang moist atau creamy lebih minim risiko iritasinya jika dibandingkan dengan lipstik matte.

“Apabila bibir menggelap karena lipstik lalu penggunaannya dihentikan, jangan khawatir karena warna bibir dapat kembali seperti semula. Namun kalau penggunaan diteruskan ya akan tetap gelap,” jelas dr. Shinta.

Perlu Anda ketahui, bukan hanya karena genetik dan iritasi akibat penggunaan lipstik, warna bibir yang menggelap juga bisa disebabkan oleh gaya hidup, seperti kebiasaan merokok dan pola makan kurang sehat.

Bagaimana cara mengatasi bibir yang sudah terlanjur menggelap?.

Lebih lanjut dr. Shinta menuturkan, bahwa kandungan yang perlu Anda cari untuk mencerahkan bibir adalah vitamin, terutama vitamin E dan vitamin C. Untungnya, kedua kandungan ini dapat dengan mudah Anda temukan dalam berbagai produk perawatan bibir.

Baca Juga : 8 Bahan Alami untuk Cerahkan Warna Bibir Gelap

Selain itu, Anda juga bisa merawat dan menjaga kondisi bibir agar tampak lebih cerah dengan menggunakan produk perawatan bibir lainnya. Tentunya, perawatan tersebut yang cocok dengan tekstur bibir Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.