oleh

Pakar Tafsir Dunia Akan Kaji Mushaf Standar Indonesia

PortalMadura.Com, Jakarta – Pemerintah akan kembali menggelar Musyawarah Kerja Nasional Ulama Al-Quran pada 25-27 September 2018 di Bogor.

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) Kementerian Agama Muchlis M. Hanafi mengatakan Mukernas ini akan dihadiri para pakar tafsir dari dalam dan Luar Negeri.

Pakar dari Luar Negeri tersebut berasal Yordania, Mesir, Arab Saudi, dan Pakistan. dilaporkan Anadolu Agency, Sabtu (22/9/2018).

Muchlis mengatakan kehadiran mereka untuk mengkaji penyempurnaan Mushaf Al-Quran Standar Indonesia dalam segi rasm, dhabt, dan tanda bacanya.

“Ada dua karya yang akan dibahas dalam mukernas tersebut yakni Mushaf Standar Indonesia dan Terjemah Al-Qur’an Kementerian Agama,” kata Muchlis pada Sabtu dalam rilisnya.

Menurut Muchlis, sejumlah Ulama dunia yang sudah mengkonfirmasi kehadirannya antara lain Prof. Dr. Samih Ahmad Khaled Athamneh (Ketua Lajnah ilmiyyah limuroja’ati Watadqiqil Mushafisy Syarif, Yordania), Prof. Dr. Abdelkarim Ibrahim Awad Saleh, (Ketua Lajnah Tashih Mesir), Prof. Dr. Ahmed Mian Thanvi Farooqi (Pakistan), dan Syekh Dr. Mohamed Abdallahi Zein El Abidine (Mujamma’ Malik Fahd Madinah).

Sedangkan ulama pakar Al-Quran Indonesia yang menjadi pembahas dalam Mukernas ini antara lain Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al Munawar, MA (UIN Jakarta), Dr. Ahsin Sakho Muhammad (PP. Dar Al Quran Cirebon yang juga Rais Majelis Ilmi JQH NU), KH. M. Ulil Albab Arwani (PP. Yanbu’ul Quran Kudus), Dr Ahmad Fathoni (IIQ Jakarta), serta Dr. Afifuddin Dimyathi (PP. Darul Ulum Jombang).

Dengan kajian yang melibatkan seluruh Ulama Nusantara dan Internasional, Muchlis berharap Mushaf Alquran Standar Indonesia yang dibahas dalam Mukernas ini nantinya bisa diterima secara menyeluruh di dunia Islam.

Selain itu dengan mukernas ini juga diharapkan bisa menghimpun masukan dan saran konstruktif untuk penyempurnaan terjemah Al-Quran Kementerian Agama. (AA)