Pamekasan Siapkan Pemekaran Sejumlah Desa dan Kecamatan

Avatar of PortalMadura.com
Pamekasan Siapkan Pemekaran Sejumlah Desa dan Kecamatan
Foto: laman Facebook Badrut Tamam

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, berencana akan melakukan pemekaran terhadap sejumlah desa dan kecamatan di wilayahnya untuk lebih mempercepat pelayanan dan memangkas alur koordinasi.

Bupati Pamekasan, mengatakan, desa yang berpotensi untuk dimekarkan antara lain, Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, dan Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan. Kedua desa tersebut memiliki jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang membeludak.

“Ada sekitar belasan ribu DPT di dua desa itu,” katanya, Rabu (23/1/2019).

Selain itu, ada tiga desa lain yang juga berpotensi untuk diproses pemekaran seperti, Desa Bujur Timur, Desa Bujur Barat, dan Desa Bujur Tengah yang memiliki potensi membentuk kecamatan baru. Karena jika digabungkan jumlah DPT-nya melebihi DPT di Kecamatan Pakong.

“Itu hasil kajian sementara, ke depan antar Pemkab dan DPRD perlu melakukan kajian lebih serius untuk proses pemekaran desa dan pembentukan kecamatan baru,” terangnya.

Baca Juga:  Ternyata Sudah Lama Incar Beto Gonçalves

Mantan anggota DPRD Jawa Timur tersebut menyebutkan, selain desa ada kecamatan yang memiliki potensi untuk dimekarkan, yaitu Kecamatan Proppo yang memiliki jumlah 27 desa.

Menurutnya, Kecamatan Proppo layak dimekarkan karena di beberapa kecamatan lain justru hanya memiliki rata-rata 10 desa.

Pihaknya mengajak semua anggota untuk mendukung pemekaran desa yang gemuk serta pembentukan kecamatan baru yang akan dibahas lebih lanjut setelah pemilu April 2019.

“Sehabis pilpres kita mulai bahas, untuk saya minta dukungan para anggota dewan,” pungkasnya. (Hasibuddin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.