oleh

Pameran, Sarana Promosi Industri Kecil dan Rumah Tangga

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar pameran pembangunan pada rangkaian hari jadi ke 746 tahun 2015, di gedung Adi Poday, jalan Trunojoyo Sumenep.

Bupati Sumenep A Busyro Karim mengungkapkan, sejak lima tahun terakhir, berbagai jenis home industri sudah meluas di tengah kehidupan masyarakat Sumenep.

“Maka, pameran pembangunan ini harus dijadikan sarana promosi industri kecil dan rumah tangga tersebut,” kata Busyro saat pembukaan pameran pembangunan, Rabu (14/10/2015) malam.

Menurutnya, para camat juga wajib ikut andil dan memahami potensi daerahnya masing-masing. Sehingga, menjadi selaras dengan usaha pemerintah daerah dalam menggandeng investor.

“APBD kita terbatas, maka perlu keterlibatan investor dalam pengembangan segala sektor, baik ekonomi masyarakat, wisata dan sektor lainnya,” ungkapnya.

Salain itu, pameran juga sarana sosiliasasi pembangunan, khususnya menyangkut pelayanan. Selama ini, masih ada miskomunikasi antara masyarakat dengan pemerintah daerah.

“Momen pameran harus dijadikan sarana informasi, baik dibidang kesehatan, prosedur perijinan dan pelayanan publik lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, pameran pembangunan juga harus dijadikan ajang promosi wisata Sumenep. Banyak, peluang yang harus dimanfaatkan sehubungan dengan besarnya potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Sumenep.

Pada peringatan hari jadi Sumenep bersamaan dengan hari tata ruang, maka orang nomor satu di Sumenep ini juga meminta agar hidup kreatif dan lebih kreatif serta hidup sehat.

“Kota adalah penggerak mesin ekonomi. Maka, peringatan hari tata ruang, merupakan upaya keterlibatan semua pihak, menciptakan ruang yang sehat dan meningkatkan rasa kebersamaan dalam membangun ekonomi kerakyatan,” tandasnya.

Sementara, Kadiskominfo Sumenep, Yayak Nurwahyudi menjelaskan, pada pameran pembangunan kali ini melibatkan semua SKPD, para pengembang, TNI dan pedagang kaki lima.

“Pameran yang akan berlangsung sampai tanggal 17 Oktober ini, selain sarana promosi dan informasi serta sosialisasi pembangunan, juga sarana pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa,” imbuhnya.(Hartono)


Komentar