oleh

Panen Perdana Tembakau di Sumenep Diprediksi Pertengahan Agustus

PortalMadura.Com, Sumenep – Panen perdana tembakau tahun 2015 di kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur diprediksi pertengahan Agustus.

“Saat ini masih belum ada panen tembakau. Diprediksi masih pertengahan Agustus,” terang Herman Purnomo, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sumenep, Jumat (31/7/2015).

Ia menerangkan, produksi tembakau diwilayah ujung timur Pulau Madura ini akan menurun, karena banyak lahan yang biasanya ditanami tembakau, kini tidak ditanami.

“Target ideal produksi sebanyak 13.136 ribu ton dari estimasi lahan seluas 21.893 hektar, tapi ternyata banyak lahan yang tidak ditanami, kemungkinan besar produksinya akan menurun,”ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Herman, kualitas produksi tembakau tahun ini diperkirakan lebih bagus dari tahun sebelumnya, karena cuaca juga lebih baik.

“Kalau masalah penurunan hasil produksinya, kami belum bisa memastikan karena masih akan didata ulang. Sedangkan kualitasnya insaallah lebih baik,” tuturnya.

Sebelumnya, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Sumenep menetapkan proyeksi areal lahan tembakau pada musim tanam 2015 mencapai 21. 893 hektar dengan target produksi 13.136 ton. Proyeksi areal tembakau itu terbilang naik 800 hektar dibanding proyeksi 2014 lalu yang ditetapkan 21.093 hektar dengan target produksi 12. 656 ton. (arifin/choir)



Komentar