Para Orang Tua, Ini 4 Hal Penting yang Perlu Anda Ajarkan Sehari-hari Selain Calistung

Avatar of PortalMadura.com
Para Orang Tua, Ini 4 Hal Penting yang Perlu Anda Ajarkan Sehari-hari Selain Calistung
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebanyakan orang tua hanya mengajarkan anaknya belajar (membaca, menulis, dan berhitung). Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang menuntut buah hatinya untuk fasih dibidang itu. Tujuannya tidak lain agar mempermudah komunikasi dalam bentuk bahasa tulis dan angka.

Padahal, ada hal lain yang juga perlu diajarkan dalam kehidupan sehari-hari pada anak sejak dini agar lebih sabar dan menghargai hak orang lain. Jadi, jangan hanya calistung saja, menanamkan pada anak juga penting dilakukan.

Apa saja itu?. Berikut empat kemampuan dasar yang penting diajarkan di samping kemampuan calistung:

Antri
Sudahkah Anda mendidik anak untuk bisa mengantri dengan tertib?. Ketika anak bersedia untuk mengantri saat bermain perosotan di sekolah, mengantri saat membeli tiket kereta, mengantri saat menunggu giliran, sesungguhnya Anda sedang mendidik mereka untuk memiliki sifat sabar dan menghargai hak orang lain.

Mandiri terhadap Keperluan Sehari-hari
Apakah Anda sudah mengajarkan anak untuk istinja sendiri dengan bersih?. Sudahkah anak Anda bisa menyiapkan sendiri buku pelajaran esok hari?. Sudahkah ia menyuap makanan dengan tangan kanannya sendiri?. Bisakah ia membereskan mainannya sendiri ke tempat semula?.

Ajarkan anak untuk mandiri sejak dini, akan membuat anak Anda tidak mengandalkan orang lain dan tentu saja tumbuh menjadi pribadi yang lebih bertanggungjawab.

Buang Sampah pada Tempatnya
Sudahkah anak Anda memiliki kemampuan membuang sampah pada tempatnya?. Tidak lucu kan kalau putra-putri Anda jago calistung, hafal beberapa juz Alquran, tapi kemampuan sederhana seperti membuang sampah saja masih sembarangan. Didik anak untuk membiasakan diri buang sampah di tempatnya, kalau tidak menemukan tong sampah, simpan dulu sampah tersebut di tas atau saku (kalau sampahnya bersih).

Jangan sampai anak-anak Anda masuk dalam golongan orang-orang yang merusak alam ciptaan Allah karena tidak mengindahkan kebersihan.

Bercerita
Anak-anak bisa mudah bercerita jika ada telinga yang sabar untuk mendengarkan ceritanya, oleh sebab itu orang tua perlu sekali menumbuhkan kesadaran untuk mendengar celotehan anak. Kemampuan bercerita ini sangat penting karena bisa menumbuhkan kepercayaan diri, kreativitas, perasaan dihargai, dan mengajarkan anak untuk berani mengungkapkan pemikirannya.

Sudahkah anak Anda mampu bercerita dengan baik?. Atau Anda terlalu sibuk tidak punya waktu untuk mendengar celotehan mereka?. Semoga artikel ini menjadi pelajaran bersama untuk menghasilkan anak yang berguna bagi bangsa dan negara. (ummi-online.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.