PortalMadura.com

Para Orang Tua, Ini 5 Bahasa Tubuh yang Benar untuk Berkomunikasi dengan Si Kecil

  • Kamis, 7 Desember 2017 | 07:00
Para Orang Tua, Ini 5 Bahasa Tubuh yang Benar untuk Berkomunikasi dengan Si Kecil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengajarkan banyak hal pada si kecil yang menggemaskan tentu menyenangkan. Sayangnya, terkadang sebagian orang tua merasa sulit untuk berkomunikasi dengan mereka secara efektif.

Hal ini memang menjadi salah satu problem tersendiri. Namun orang tua tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua dengan menggunakan bahasa tubuh untuk dapat berkomunikasi dengan anak.

Berikut lima bahasa tubuh yang bisa menolong Anda untuk berkomunikasi dengan anak secara lebih efektif:

Kontak Mata
Ketika Anda berbicara sambil melakukan kontak mata dengan si buah hati, ia akan merasa bahwa apa yang Anda katakan adalah sebuah hal penting.

Anak pun bisa tahu ketika Anda berbicara dengannya namun tanpa tatapan yang sunguh-sungguh. Serius atau tidaknya perkataan Anda bisa ia baca dari mata Anda. Beberapa hal lain juga berpengaruh, contohnya senyuman.

Berlutut atau Membungkuk
Umumnya orang dewasa lebih tinggi dari anak kecil. Ketika Anda berbicara dengan posisi berdiri, hal ini bisa mengintimidasi anak. Anak akan lebih bisa menyerap pesan kata-kata jika disampaikan dengan lebih intim. Oleh karena itu, cobalah untuk membungkuk atau berlutut saat bicara dengannya.

Jarak Dekat
Cara lain agar perkataan Anda benar-benar dapat didengar anak adalah dengan menyampaikannya dari jarak dekat. Hal ini berkaitan dengan kondisi psikologis anak. Anak-anak lebih merasakan adanya jalinan emosional dengan orang-orang yang berada di dekatnya.

Sikap Lengan
Sikap lengan disilangkan di dada dapat memperburuk situasi komunikasi Anda dengan anak. Akan lebih baik jika Anda berbicara kepadanya dengan sikap tangan yang netral atau terbuka. Dengan sikap tersebut, anak akan merasa bahwa Anda tidak sedang memerintahnya.

Melibatkan Diri
Anak Anda adalah peniru ulung. Oleh karena itu, jadilah contoh yang baik untuk dirinya. Ketika Anda tengah mengajarkannya untuk merapikan sesuatu, akan lebih efektif jika Anda tidak sekadar berbicara tapi juga memulai untuk ikut merapihkan. Anak pun akan menirunya. (liputan6.com/Salimah)

Hari Jadi Sumenep
Hari Jadi Sumenep
Hari Jadi Sumenep
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional