PortalMadura.com

Para Orang Tua, Ini 5 Cara Mendidik dan Menghadapi Anak Remaja

  • Selasa, 15 Mei 2018 | 07:00
Para Orang Tua, Ini 5 Cara Mendidik dan Menghadapi Anak Remaja
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiring bertambahnya usia, seorang anak kecil akan tumbuh menjadi remaja. Mereka akan mengalami yang namanya pubertas, hal ini akan berpengaruh terhadap perubahan suasana hati, sikap temperamental, hingga perilaku impulsif yang dipicu oleh perubahan hormonal mereka.

Pada umumnya, perubahan tersebut di mulai dari usia 13 hingga 18 tahun. Masa-masa ini pula menjadi suatu momen yang membingungkan bagi diri sendiri dan para orang tua. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui orang tua dalam mendidik anak remajanya.

Berikut ini lima cara mendidik dan menghadapi anak yang beranjak dewasa:

Jangan Terlalu Mengekang Anak
Berikan mereka kebebasan untuk mengambil keputusan. Menjadi orang tua yang terlalu berlebihan dalam mengontrol anak akan membuat mereka menjadi sosok yang pemberontak.

Jadilah Orang Tua yang Terbuka
Menjadi sosok yang terbuka dengan mereka dan memberi saran dengan cara yang dewasa. Misalnya, beritahu mereka tentang efek berbahaya dari merokok, narkoba dan alkohol, hingga edukasi seksual. Membicarakan hal tersebut dengan anak sejatinya tidak ada salahnya. Justru mereka akan lebih bisa mencerna dan berusaha untuk menjaga diri.



Hindari Ikut Campur Urusan Anak
Sebisa mungkin jangan paksa anak untuk mengikuti berbagai kegiatan yang tidak disukainya. Tidak perlu terlalu ikut campur dalam berbagai hal dan terus-menerus mengomel mengenai studi dan prestasi mereka. Terkadang, hal tersebut bisa membuat mereka menjauh dari Anda.

Tak Perlu Menginterogasi
Bila Anda ingin tahu hal apa yang sedang terjadi dengan anak, tidak perlu interogasi mereka setiap detail. Mintalah mereka untuk bercerita, setelah mereka siap berbicara kepada Anda.

Rencanakan Liburan Keluarga
Mulai dari nonton film bersama atau pergi makan di luar bersama keluarga bisa menjadi ide bagus untuk merekatkan hubungan dengan anak. Melakukan hal ini akan membuat ikatan antara Anda dan anak yang beranjak dewasa menjadi lebih kuat, karena masa remaja adalah masa di mana anak-anak cenderung menjauhkan diri dari keluarga. (kumparan.com/Salimah)

Loading...
Advertisement
banner300x250

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional