Para Perokok, Ini Manfaat Makan Buah dan Sayur yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Para Perokok, Ini Manfaat Makan Buah dan Sayur yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi (Tribun Solo )

PortalMadura.Com – Mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin biasanya dianjurkan bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Akan tetapi bukan hanya pada mereka saja, para juga disarankan untuk mengonsumsinya. Ada banyak penelitian yang membuktikan tentang kandungan buah yang baik bagi perokok.

Sebagaimana menurut penelitian dari The Karolinska Institute, Stockholm, perokok dan mantan perokok yang rutin mengonsumsi buah serta sayur, memiliki penurunan risiko kanker paru hingga 40 persen.

Antioksidan yang dimiliki oleh buah dan sayuran diyakini dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan akibat rokok. Namun efek ini hanya signifikan terjadi pada konsumsi apel, sayuran hijau dan paprika. Efek dari konsumsi buah seperti berry dan tomat tidak terlalu signifikan.

“Semua perokok dan mantan perokok sangat dianjurkan untuk makan sebanyak-banyaknya buah serta sayuran. Setiap porsi ekstra buah dan sayuran dapat membantu mengurangi secara signifikan risiko perkembangan penyakit paru,” ungkap peneliti Dr Joanna Kaluza.

Menurut Kaluza, selain membantu mengurangi risiko penyakit paru-paru, konsumsi rutin buah dan sayur setiap hari juga membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker.

Dalam studi ini, para peneliti menganalisis data dari 44.335 responden pria selama 14 tahun, dimulai pada tahun 1998. Pada awal penelitian, peserta melengkapi kuesioner tentang seberapa sering mereka mengonsumsi buah dan sayuran. Setelah itu, riwayat merokok mereka juga dipantau dan dinilai.

Seperti telah dipublikasikan dalam jurnal Thorax, ditemukan bahwa ada kaitan yang cukup signifikan antara kebiasaan makan sayur dan buah, serta angka kejadian penyakit paru.

Meski demikian, peneliti epidemiologi pernapasan dari Queen Mary University di London, Seif Shaheen, menegaskan bahwa diet bukan ‘obat' dari efek merokok. Untuk mendapatkan efek maksimal, seseorang lebih dianjurkan untuk segera berhenti merokok dan tidak mencoba-coba rokok.

“Yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah berhenti merokok dan tidak mencobanya,” pesan Shaheen. (detik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.