Para Pria, Begini 5 Cara Tepat Gendong Bayi Baru Lahir

Avatar of PortalMadura.com
Para Pria, Begini 5 Cara Tepat Gendong Bayi Baru Lahir
ilustrasi

PortalMadura.Com – Lahirnya seorang anak dalam kehidupan rumah tangga merupakan anugerah yang patut disyukuri. Apalagi bagi orang tua baru. Namun, ada beberapa hal yang seringkali membingungkan mereka, termasuk cara menggendong baru lahir khususnya bagi para .

Pasalnya, kemampuan motorik dan otot leher bayi baru lahir masih lemah, sehingga belum mampu mengendalikan kepalanya. Sebenarnya, ada beberapa hal yang perlu diketahui seorang pria saat menggendong bayi yang baru lahir.

Apa sajakah itu?. Simak penjelasannya berikut ini:

Bersihkan Tangan Dulu Sebelum Menggendong
Bayi yang baru lahir masih belum memiliki sistem imun yang kuat pada diri mereka. Sedikit kuman yang berada di tangan dapat berpengaruh secara mudah pada diri mereka dan menyebabkan penyakit. Bersihkan tangan Anda secara benar dan bersih sebelum membawa bayi dalam gendongan Anda.

Jangan Gunakan Arloji dan Benda yang Dapat Melukai Bayi
Setelah membersihkan tangan, pastikan Anda juga tidak sedang memakai arloji atau gelang. Benda-benda itu dapat membuat posisi bayi dalam gendongan menjadi tidak nyaman dan juga dapat menyebabkan goresan pada tubuh bayi.

Kulit bayi yang baru lahir masih sangat lembut dan rentan, sehingga benda-benda itu dapat menyebabkan luka pada kulit mereka.

Letakkan Kepala Bayi pada Lipatan Siku
Setelah kondisi tangan sudah bersih baik dari kuman dan benda-benda berbahaya bagi bayi, maka yang perlu diperhatikan adalah menjaga posisi kepala bayi. Pada usia yang sangat muda ini sebagian besar berat bayi berada di kepala sehingga mereka masih belum mampu mengatasi beban kepala mereka sendiri.

Ketika menggendong pastikan kepala dan leher bayi berada dalam posisi yang terlindungi, tempatkan pada lipatan siku Anda untuk menjaga berat yang terdapat di kepalanya.

Tahan Punggung dan Pantat Bayi
Selain kepala, punggung dan pantat bayi juga perlu dipertahankan posisi dan beratnya. Gunakan tangan yang sama dengan tumpuan kepala bayi untuk menahan beban dari punggung dan pantatnya. Posisikan tangan yang lain untuk melindungi dan menjaga kestabilan posisi bayi ketika dalam gendongan.

Jangan gendong terlalu erat
Satu hal lain yang perlu diketahui adalah jangan menggendongnya terlalu erat. Walaupun posisi yang terlalu erat tersebut dapat membuat posisi bayi menjadi stabil dan aman tetapi hal itu malah dapat membuatnya menjadi kesulitan untuk bergerak dan tidak dalam posisi santai.

Bahkan, jika terlalu rapat bisa menyebabkan bayi tersebut rewel dan menangis. Jadi, pastikan gendongan Anda tidak terlalu erat.

Menggendong bayi yang baru lahir merupakan hal yang penting untuk dipelajari oleh semua orang. Tidak ada ilmu khusus yang mengajarkan bagaimana caranya. Namun, lima hal di atas dapat Anda perhatikan ketika akan menggendong seorang bayi. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.