Para Pria, Ini 9 Cara Bergaya Agar Terlihat Cerdas yang Perlu Anda Perhatikan

Avatar of PortalMadura.com
Para Pria, Ini 9 Cara Bergaya Agar Terlihat Cerdas yang Perlu Anda Perhatikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu hal yang dapat menambah kepercayaan diri seorang pria, yaitu penampilan. Sebab, penampilan yang meyakinkan bisa membuat seorang pria tampak cerdas dari yang sebenarnya.

Apalagi jika mereka menonjolkan pesona intelektual. Lantas, bagaimana untuk memaksimalkan pesona intelektual tersebut, sehingga penampilan seorang pria ikut terangkat?.

Berikut sembilan cara mudah bergaya bagi seorang pria agar terlihat cerdas:

Pastikan Tetap “Berbusana”
Professor Kurt Gray dari University of Maryland menemukan, orang yang mengenakan pakaian minim (baik pria maupun wanita), cenderung dipersepsikan lebih emosional, serta kurang mampu membuat perencanaan dan keputusan.

Bicara Cepat
Psikoterapis Tom Barber mengatakan, semakin cepat seseorang berbicara, semakin besar aura intelektual yang terpancar. Menurut sebuah jurnal yang membahas tentang kecepatan seseorang berpidato, orang cenderung menilai seseorang yang bicara cepat lebih kredibel dan persuasif. Jadi, ketika Anda bicara, cobalah hindari refleks seperti “umm” yang membuat bicara Anda terkesan terbata-bata.

Kacamata
Sebuah kacamata juga bisa menjadi benda yang menunjang penampilan Anda agar lebih tampak cerdas. Ada riset yang menunjukkan, orang yang mengenakan kacamata berbingkai gelap cenderung dipandang lebih cerdas.

Meskipun terkadang mereka juga dipandang lebih tidak menarik, dibandingkan orang yang menggunakan kacamata berbingkai tipis. Namun, orang yang mengenakan kacamata berbingkai tipis tetap dipandang sebagai pribadi yang cerdas dan lebih terpercaya.

Beri Kesan Pertama yang Baik
Kesan pertama seringkali bertahan lama. Itulah mengapa kamu bisa membuat kesan pertama pada orang lain tentang kepribadian Anda yang cerdas. Life Coach Dan O’Neil menjelaskan, orang asing membuat 11 asumsi tentang penampilan seseorang dalam tujuh detik pertama bertemu. Hal itu disebut “Threshold Effect”.

O’Neil menambahkan, dalam momentum tersebut orang-orang cenderung menyoroti beberapa faktor, termasuk kecerdasan seseorang dilihat dari penampilannya.

Meminta Bantuan dan Bertanya
Ketika Anda mengajukan pertanyaan dalam sebuah percakapan, ini akan memberikan persepsi positif terhadap Anda. Hal ini akan membuat Anda terkesan berkeingintahuan lebih, dan haus akan pengetahuan. Namun, sikap ini menjadi pisau bermata dua, dan jangan melakukannya secara berlebihan.

Berhenti Bersumpah Serapah
Psikolog Roberta Galluccio Richardson menjelaskan, orang-orang yang sering membubuhi percakapan mereka dengan sumpah serapah, cenderung dinilai kurang penting dan kurang bernilai.

Merapikan Gigi
Anda mungkin berpikir apa hubungannya tatanan gigi yang rapi dan penampiln yang cerdas. Sejumlah studi menemukan, mereka yang memiliki gigi rapi faktanya memang dipandang lebih sukses, sejahtera, dan juga cerdas.
Jamws Russell dari The London Smile Clinic mengatakan, mereka melihat peningkatan jumlah klien yang signifikan bertanya tentang gigi mereka. Bahkan, banyak pula yang menginginkan giginya lebih rapi dan sehat sebelum wawancara kerja.

Ekspresif
Berpenampilan cerdas termasuk bagaimana Anda menunjukkan ketertarikan terhadap apa yang Anda bicarakan. Bahkan, ketika poin yang Anda bicarakan cenderung tidak masuk akal. Jadi, cobalah berbicara dengan pitch dan volume suara yang variatif ketika berinteraksi dengan orang lain. Berikan penekanan pada kata-kata tertentu yang diperlukan.

Perbaiki Postur
Bahasa tubuh adalah hal yang tidak begitu sulit untuk Anda capai. Menurut Life Coach Rebekah Fensome, orang-orang yang membungkuk cenderung dipersepsikan sebagai seseorang yang malas, pemalu, atau bodoh.

Jadi, perbaikilah postur tubuh Anda. Misalnya dengan tegak ketika duduk dan menjaga kontak mata dengan orang yang Anda ajak bicara. Postur adalah salah satu cara agar Anda berpenampilan lebih cerdas. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.