Paripurna Penentuan Anggota BK DPRD Sumenep Menuai Kritik

Avatar of PortalMadura.com
Paripurna Penentuan Anggota BK DPRD Sumenep Menuai Kritik
Sidang Paripurna Pemilihan BK DPRD Sumenep

PortalMadura.Com, pemilihan anggota Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menuai kritik. Pasalnya, rekomendasi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) awalnya atas nama Abrori Mannan, kemudian diganti kepada H Ruqi Abdillah melalui rekomendasi via telepon.

“Tadi ketua Fraksi PKB menelepon saya, ada pergantian rekom, yang awalnya rekom jatuh kepada Abrori Mannan berubah ke H Ruqi Abdillah,” terang ketua , H Herman Dali Kusuma, Senin (29/5/2017).

Sidang paripurna yang dijadwalkan pukul 09.00 WIB, terpaksa molor hingga pukul 11.00 WIB, karena banyaknya wakil rakyat yang belum datang. Bahkan, sidang dengan jadwal pembacaan calon anggota BK oleh pimpinan DPRD setempat mendapatkan hujan kritik.

Sebelum masuk pada pembacaan keanggotaan BK, anggota Fraksi Partai Demokrat menyampaikan kritikan terhadap pimpinan sidang. Mereka menilai pimpinan sidang terlalu memaksakan diri untuk memasukkan anggota lain diluar rekomendasi tertulis yang sudah ada.

“Tolong pimpinan sidang melihat mekanismenya, jangan bawa kami melenceng dari peraturan. Harusnya pimpinan menawarkan dulu kepada anggota, agar perubahan anggota dari fraksi bisa diketahui semua,” teriak anggota Fraksi Partai Demokrat, A Kurdi.

Suasana sudah mulai memanas, sejumlah kuli tinta yang berada di ruangan paripurna diminta untuk meninggalkan ruangan. Namun, berselang beberapa menit, ketua, wakil ketua dan sebagian anggota DPRD keluar forum lantaran sidang paripurna di diskorsing. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.