oleh

PBB Bantu USD15 Juta Untuk Korban Gempa Sulawesi Tengah

PortalMadura.Com, Perserikatan Bangsa-Bangsa – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan bahwa pihaknya akan mengalokasikan dana sebesar USD 15 juta dari dana tanggap darurat untuk membantu para korban terdampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Menurut pernyataan yang dibuat oleh PBB, sekitar 66 ribu rumah, infrastruktur, jalan dan jembatan rusak akibat gempa bumi dan tsunami. Sederet gempa susulan masih terus berlanjut dan ribuan orang tak dapat kembali ke rumah mereka.

Pernyataan tersebut menyebut warga setempat dan daerah terdampak masih membutuhkan bantuan dan penanganan. Untuk itu PBB menyatakan bahwa pihaknya akan mengalokasikan USD15 juta dari dana tanggap darurat untuk para korban. dilaporkan Anadolu Agency, Rabu (3/10/2018).

Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) menyebutkan korban tewas akibat gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah hingga hari ini mencapai 1407 orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sebagian besar korban tewas itu berada di Kota Palu, sebanyak 1177 orang. Selain itu Kabupaten Donggala 153 orang, Kabupaten Sigi 65 orang dan Kabupaten Parigi Moutong 12 orang.

Gempa bumi berkekuatan M 7,7 mengguncang Palu, Donggala dan Mamuju, Sulawesi Tengah, pada Jumat, disusul oleh tsunami dengan ketinggian 3-6 meter.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan hingga Rabu pagi pukul 07.00 WIB tercatat ada 362 kali gempa susulan dengan tren menurun, sebanyak 12 di antaranya bisa dirasakan Masyarakat. (AA)



Komentar