oleh

PBB Peringatkan 30 Ribu Orang Telah Mengungsi dari Idlib Suriah

PortalMadura.Com, Washington – Sedikitnya 30 ribu warga telah mengungsi dari provinsi Idlib, barat laut Suriah, kata juru bicara Sekretaris Jenderal PBB, Senin.

Stephane Dujarric mengatakan kepada wartawan di markas besar PBB New York, mayoritas pengungsi telah melarikan diri ke Idlib utara dekat perbatasan Turki, di tengah meningkatnya serangan udara dan darat oleh rezim dan pasukan Rusia di sana pada 1 sampai 9 September. dilaporkan Anadolu Agency, Selasa (11/9/2018).

Kira-kira setengah dari mereka yang mengungsi tinggal di kamp-kamp penampungan, kata Dujarric.

“Kami tetap prihatin dengan kondisi 3 juta warga sipil di Idlib ini, di mana intensifikasi pertempuran telah mengakibatkan kematian, cedera dan pemindahan, serta penghancuran infrastruktur sipil,” kata Dujarric.

Dewan Keamanan PBB (DK PBB) pada Selasa akan membahas tentang perkembangan di Idlib, Suriah, serta pertemuan puncak pekan lalu di Teheran antara presiden Turki, Rusia dan Iran yang menggarisbawahi bahwa “tidak akan ada solusi militer untuk konflik Suriah” dan menyerukan untuk mempercepat proses politik untuk mencapai solusi yang telah dirundingkan.

Rezim Suriah baru-baru ini mengumumkan rencana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran di daerah itu, yang telah lama dikendalikan oleh berbagai kelompok oposisi bersenjata.

PBB memperingatkan pekan lalu bahwa serangan semacam itu akan mengarah pada “bencana kemanusiaan terburuk di abad ke-21”. (AA)

Loading...