oleh

Pedas dan Gurih, Yuk Bikin Kering Kentang Teri Balado di Akhir Weekend Anda

PortalMadura.Com – Ada banyak macam olahan berbahan dasar kentang yang mungkin sering Anda dengar. Mulai dari kentan yang dicampur dengan sop, kentang goreng renyah, sayur kentang, tumis kentang dan lain sebagainya.

Akan tetapi, kali ini ada resep baru yang mungkin belum pernah Anda coba yaitu kentang kering teri balado. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang pedas sangat cocok disajikan sebagai makanan pendamping. Dijamin akan membuat lidah Anda bergoyang karena sensasi rasanyanya itu.

Selamat Ibadah Puasa

Berani coba?. Yuk intip resepnya di bawah ini:

Bahan-bahan:

Kentang yang ukuran besar 2 buah
Teri medan 150 gr
Minyak goreng secukupnya
Gula merah secukupnya diiris halus
Serai 1 batang dimemarkan
Garam 1 sendok teh
Daun jeruk 4 lembar
Daun salam 3 lembar
Secukupnya air
Air kapur sirih 1 sendok teh

Bumbu Halus:

Bawang putih 3 siung
Cabe merah keriting 10 buah
Bawang merah 5 butir
Cabe rawit merah 15 buah
Kemiri 2 butir

Cara Membuat Kering Kentang Teri :

Pertama, kentang dikupas dulu lalu dipotong-potong memanjang seukuran korek api. Lalu dicuci bersih dan direndam dalam air kapur sirih. Diamkan kentang selama 10 menit lalu ditiriskan.

Kemudian, panaskan minyak lalu kentang siap digoreng hingga kering, jika sudah selesai angkat. Lalu, tumis bumbu halus sampai matang dan daun jeruk, daun salam serta serai dimasukan ke dalamnya.

Aduk-aduk lagi sampai aromanya begitu harum menggoda. Masukan kentang goreng, teri ke dalam bumbu dan masak terus sampai benar-benar matang dan bumbu merata sambil terus diaduk. Angkat lalu siap disajikan. (resepnasional.com/Putri)


Komentar