Peduli Petani Rumput Laut, HCML Bantu Bibit dan Tali Bagi Warga Raas

Avatar of PortalMadura.Com
Peduli Petani Rumput Laut, HCML Bantu Bibit dan Tali Bagi Warga Raas

PortalMadura.Com, – Husky Cnooc Madura Limited () bersama SKK migas memberikan bantuan kepada para petani rumput laut di Kecamatan/ Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap para petani rumput laut. Selain pelatihan dan pendampingan, kami juga memberikan sejumlah bantuan. Ada tiga jenis bantuan yang kami berikan pada petani rumput laut, yakni bibit, tali, dan pelampung,” kata Community Development Coordinator HCML, Ali Aliyuddin, Minggu (7/8/16)

Bantuan tersebut diberikan kepada 14 petani rumput laut dari 7 Desa di Kecamatan Raas. Secara simbolis, bantuan diberikan saat pelatihan dan pendampingan budidaya rumput laut di Desa Jungkat, Kecamatan/Pulau Ra'as.

“Bantuan ini sifatnya stimulus. Tapi kami sudah berkomitmen untuk terus memberikan bantuan, pelatihan, dan pembinaan kepada petani rumput laut di 7 Desa se Kecamatan/Pulau Ra'as, secara berkesinambungan,” ujar Ali.

Ia berharap bantuan tersebut bisa memacu pertumbuhan ekonomi mikro dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Raas.

“Apalagi kami rencananya akan melakukan kegiatan di perairan Pulau Ra'as hingga 30 tahun lagi. Karena itu, kami ingin kehadiran kami bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Raas,” ucapnya.

Sementara salah satu tokoh masyarakat Raas, H Murahwi menyambut baik bantuan dari HCML. Ia berharap agar bantuan dan pendampingan pada para petani rumput laut tidak hanya dilakukan satu kali, melainkan bisa dilakukan secara berkesinambungan setiap tahun.

“Semoga ini bukan yang pertama dan yang terakhir. Peran HCML sangat kami butuhkan, agar kualitas rumput laut di Raas semakin baik,” terangnya.

Senada dengan itu, Camat Raas, Sumenep, Warsono, juga menyambut positif pemberian bantuan dan pelatihan budi daya rumput laut tersebut.

“Di Raas potensi rumput laut memang luar biasa. Dengan bantuan dan pelatihan serta pendampingan dari HCML, kami berharap bisa meningkatkan kualitas rumput laut yang diproduksi petani,” ujarnya.

Ia mengakui, selama ini petani rumput laut masih menggunakan cara tradisional dalam budidaya rumput laut. Karena itu, pelatihan yang difasilitasi HCML diharapkan mampu meningkatkan keterampilan petani.

“Dengan begitu, tentu saja kami berharap kesejahteraan petani rumput laut juga akan makin baik. Semoga bantuan dari HCML ini tidak berhenti sekarang saja, tapi berkesinambungan,” ungkapnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.