oleh

Pelaku UMKM Sumenep Didorong Manfaatkan Media Online

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendorong para pelaku ekonomi kreatif atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran produknya.

“Pelaku UMKM ini harus mampu memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana aktivitas penjualan produk unggulannya,” tegas Bupati Sumenep, A Busyro Karim, di sela-sela meninjau stan peserta Pameran Pembangunan Kecamatan Eks Pembatu Bupati Kecamatan Bluto, Minggu (16/12/2018).

Ia menyebutkan, masyarakat pengguna internet di Indonesia awal tahun 2018, dari 137 juta pengguna, sebanyak 40 persen di antaranya memanfaatkan untuk membeli produk secara online.

Pelaku ekonomi kreatif atau UMKM memiliki kesempatan yang sama bila memaksimalkan media online itu. Bahkan pelaku UMKM dan para pengrajin dapat menghemat pengeluaran biaya produksi, seperti sewa toko dan gaji karyawan.

Pada kesempatan itu Bupati bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sumenep, Nurfitriana Busyro, dan jajaran pejabat lain melakukan peninjauan stan pameran. Ada 38 stan pameran pembangunan.

Mereka dari 20 desa, Puskesmas empat kecamatan, koordinator pelaksana Dispertahortbun empat kecamatan, UPK ex PNPM, BPRS Sumenep, dan Pegadaian.

Pameran pembangunan terlaksana berkat kerja sama Kecamatan Bluto, Kecamatan Saronggi, Kecamatan Lenteng, Kecamatan Gili Genting, Inspektorat, Bappeda dan Dinas Sosial Sumenep serta Bakesbangpol.

Pada kesempatan tersebut juga ada lomba fashion tingkat TK/RA dan jalan-jalan santai dengan memperebutkan hadiah utama satu unit sepeda motor, satu unit sepeda gunung dan sejumlah hadiah hiburan lainnya. Even tersebut juga di-support Dealer Sinar Baru Jaya Sumenep. (Hartono)


Komentar