Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Ners & Kebidanan Unija

  • Bagikan
Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Ners Kebidanan Unija
Pengambilan sumpah profesi Ners & Kebidanan Unija (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Pelantikan dan pengambilan sumpah profesi ners dan kebidanan (D3) Fakultas Kesehatan Universitas Wiraraja (Unija) berlangsung pada Selasa (9/11/2021), di Graha Wiraraja I, Kampus Unija, Sumenep, Madura, Jatim.

Ada 96 peserta yang mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah profesi ners dan kebidanan (D3) tersebut. Hadir dalam kegiatan ini, di antaranya, DPW PPNI Jatim, PD IBI Jatim, DPD PPNI Sumenep, IBI Cabang Sumenep, DPD PPNI Sampang.

Selain itu, unsur Dinas Kesehatan Sumenep, RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep, RSI Garam Kalianget, para dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Unija.

Rektor Unija, Sjaifurrachman menyampaikan selamat kepada peserta yang telah sukses meraih gelar akademik. “Kelulusan dan gelar yang diraih itu adalah hasil dari kontribusi sejumlah pihak. Kontribusi utama tentunya dari orang tua dan keluarga,” katanya.

Selain itu, kata dia, capaian gelar akademik itu juga tidak lepas dari ketulusan dan semangat para dosen dan pembimbing selama menempuh pendidikan dan pelatihan, baik dalam kampus maupun di rumah sakit umum, swasta, klinik, praktik bidan dan lainnya.

“Kontribusi tenaga kependidikan yang tak pernah jenuh memberikan pelayanan terbaik selama menempuh pendidikan di Unija, tentunya juga tidak lepas dari capaian itu,” ujarnya.

Menurut dia, jasa dari mereka semua patut mendapat apresiasi bersama karena tanpa mereka tidak akan ada pelantikan dan angkat sumpah profesi ners dan kebidanan. “Kita semua hari ini, insyaallah penuh dengan kebahagiaan,” ucapnya.

Sjaifurrachman menyampaikan, lulusan Fakultas Ilmu Kesehatan Unija sudah terbukti mendapat tempat dan segera menerapkan ilmunya di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

“Banyak lulusan Unija yang terserap di dunia kerja, di antaranya rumah sakit umum daerah maupun swasta, puskesmas, klinik, dokter dan bidan serta di dunia kerja lainnya,” terangnya.

Pihaknya berpesan, agar ilmu yang diperoleh diamalkan dengan baik, bijak dan jadilah alumni yang dapat menjaga nama baik almamaternya.

“Junjung tinggi etika dan moral sebagai seorang profesional dengan mengedepankan prinsip jujur, amanah, bertanggung jawab, mau bekerja keras, disiplin, berkomitmen tinggi, mandiri dan memiliki jiwa kreatif, inovatif dan menjalankan tugas dan kewajibannya,” tandasnya.

Dari itu semua, pihaknya mengajak agar bersama-sama mewujudkan motto Unija Be global entrepreneur with nationality character.

Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi

Sementara, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unija, Eko Mulyadi menjelaskan, semua peserta sebelumnya telah mengikuti uji kompetensi dan dinyatakan kompeten.

“Anda [peserta] sudah siap dengan segala dokumennya dan telah siap terjun di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Selain itu, pihaknya menyampaikan kepada semua pihak yang telah membantu semua kebutuhan mahasiswa hingga dinyatakan kompeten dibidangnya untuk terjun mengabdikan ilmunya.

Ketua DPW PPNI Jatim, H. Nursalam meminta agar memperhatikan dan memiliki nilai kemanusiaan ketika mengabdikan diri di tengah-tengah kehidupan masyarakat serta selalu mengembangkan profesionalisme. “Dan juga selalu melakukan advokasi,” katanya.

Hal yang sama disampaikan perwakilan PD IBI Jatim, Warsih. “Lulusan kebidanan [D3] itu sangat dibutuhkan, namun tetap diharapkan terus meningkatkan keilmuannya,” katanya.

Para lulusan kebidanan harus mempersiapkan dirinya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat guna mendukung program pemerintah, khususnya kesehatan ibu dan anak.

“Selamat dan sukses para wisudawan dan wisudawati. Selamat mengabdikan ilmunya,” katanya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.