oleh

Pemda Sumenep Bantu Keuangan Desa Sebesar Rp 50 Juta

SUMENEP (PortalMadura) – Pada tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, bakal membantu keuangan desa dari APBD sebesar Rp 50 juta perdesa. Tidak termasuk 4 kelurahan.

Anggaran tersebut untuk pemeliharaan infrastruktur desa baik daratan maupun kepulauan di 330 desa. “Program ini merupakan bantuan untuk desa, agar desa bisa mendapat solusi terhadap persoalan infrastruktur,” kata Bupati Sumenep, Busyro Karim, pada kegiatan sosialisasi Bantuan Keuangan Desa, Relokasi dan Pemeliharaan Infrastruktur Pedesaan (BK-Desa RPIP), di Pendopo Agung Kraton Sumenep, Senin (10/2/2014).

Diakui bupati, selama ini banyak kritikan dari desa yang kesulitan untuk melakukan perbaikan infrastuktur di desa. Sehingga, bantuan tersebut dapat mengawali kemajuan di desa. Sebab, ditahun 2014, banyak program dari pemerintah yang akan dikucurkan ke masing-masing desa. “Maka perlu ada persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa,” terangnya.

Peningkatan pengetahuan dan pembinaan sangat penting dalam setiap pelaksanaan program, sehingga tidak terjadi persoalan dikemudian hari, baik dari sisi pelaksanaan maupun pelaporannya. “Pemerintah daerah, melalui leading sektor yang ada, selalu melaksanakan pembinaan dalam rangka persiapan program untuk desa tersebut,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sumenep, Edy Rasiadi menjelaskan, program relokasi dan pemeliharaan infrastruktur desa sebagai upaya untuk menunjang optimalisasi pemberdayaan desa.

“Melalui sosialisasi kali dini, diharapkan seminggu setelah ini, masing-masing desa sudah bisa membuat proposal dan selanjutnya tinggal merealisasikan,” terangnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara swakelola desa dan pencairannya dilakukan secara bertahap. Yakni, pertama 70 persen atau sebear Rp 35 juta. Selanjutnya, 30 persen akan diberikan pada saat pelaksanaan selesai minimal 50 persen dari total kegiatan. “Sosialisasi pertama ini, dilakukan dieks Pembantu Bupati Kota, selanjutnya bertahap akan dilaksanakan dieks Pembantu Bupati lainnya.(eno/htn)

Loading...

Komentar